Bagikan:

JAKARTA - Makanan ultra proses (ultra-processed foods) sering kali dianggap sebagai makanan yang tidak menyehatkan. Ini disebabkan karena makanan ultra proses umumnya tidak memiliki nutrisi. Selain itu, makanan ultra proses juga mengandung zat-zat aditif dan pengawet berbahaya bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi jangka panjang.

Sayangnya, makanan ultra proses ini masih sering dikonsumsi sebagai santapan saat sarapan. Jika ingin kesehatan fisik Anda lebih sempurna, alangkah baiknya mulai saat ini hindari tujuh makanan ultra proses ini untuk sarapan.

Bacon

Bacon, ham, sosis, dan daging olahan lain umumnya termasuk dalam kategori makanan ultra proses yang tidak sehat. Nitrat dan nitrit biasanya ditambahkan untuk memberi rasa dan warna serta mengurangi pertumbuhan bakteri. Bahan tambahan ini, dikombinasikan dengan zat besi heme dalam olahan daging merah. Sehingga diduga dapat meningkatkan masalah kesehatan seperti kanker usus dan penyakit jantung.

Yogurt

Yogurt merupakan sumber kalsium dan protein baik. Sebuah penelitian tahun 2023 menemukan yogurt ultra proses termasuk dalam subkategori makanan ultra proses yang lebih sehat.

“Roti gandum utuh, sereal sarapan gandum utuh, dan yogurt adalah kelompok makanan ultra proses yang memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2” kata Qi Sun, MD, ScD, profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan dikutip dari Very Well Health, Kamis, 11 Juli.

Jika ingin lebih sehat, hindari yogurt dengan tambahan pemanis. Pilihlah yogurt rendah lemak dengan sedikit gula tambahan sebagai menu sarapan tambahan.

Oatmeal

Oatmeal termasuk dalam kategori ultra proses jika mengandung tambahan rasa atau warna. Namun, oat mental dianggap diproses secara minimal. Oat gandum utuh dikaitkan dengan manfaat kesehatan bagi jantung dan sistem pencernaan.

Jika Anda menyukai rasa manis pada oatmeal, Anda bisa menambahkan pemanis sendiri ke oatmeal sebagai alternatif oatmeal instan dengan tambahan rasa dan pemanis. 

Roti

Roti yang terbuat dari gandum utuh dan gandum hitam utuh dianggap sebagai roti ultra proses. Meski begitu, banyak pakar nutrisi menganggap ini sebagai pilihan lebih sehat dibandingkan dengan biji-bijian olahan atau refined grains.

Roti gandum dikaitkan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2. Studi baru mengenai makanan ultra proses sebenarnya tidak menyertakan biji-bijian karena biji-bijian memiliki hubungan kuat dengan penurunan semua penyakit kronis.

Biji-bijian utuh mengandung serat, meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi usus yang baik. Ini juga kaya akan magnesium dan selenium, mendukung sistem kekebalan tubuh. Pedoman Diet untuk Orang Amerika merekomendasikan bahwa setengah dari biji-bijian yang dikonsumsi dalam makanan harus berupa biji-bijian utuh.

Sereal sarapan

Sereal sarapan dengan tambahan gula, pewarna, dan bahan tambahan termasuk dalam kategori makanan ultra proses. Pertimbangkan kandungan gula saat memutuskan sereal mana yang akan ditambahkan ke sarapan Anda. Carilah sereal sarapan dengan tidak lebih dari 6 gram gula per ons kering, menurut Heather Anita Garcia Cerda, MS, RD, CPT, ahli diet terdaftar yang berbasis di Los Angeles.

Susu nabati

Menambahkan sedikit susu oat ke dalam kopi atau mencampurkan susu almond ke dalam smoothie berarti Anda menambahkan beberapa minuman ultra proses ke dalam sarapan. Perasa, zat penstabil, dan bahan tambahan kimia dalam minuman nabati mendorong masuknya kategori ultra proses. Namun orang-orang yang tidak toleran terhadap laktosa, memiliki alergi makanan tertentu, atau mengikuti pola makan vegan sering kali menggunakan minuman nabati sebagai alternatif susu. Untuk pilihan minuman nabati yang lebih bergizi, Anda bisa memilih yang tanpa tambahan pemanis, kata Garcia Cerda.

Granola bars

Granola bars yang dibeli di toko terhitung sebagai makanan ultra proses, tetapi Anda bisa mencari pilihan yang lebih bergizi. Makanan ultra proses biasanya mengandung bahan-bahan yang tidak digunakan di dapur. Sehingga membuat granola sendiri di rumah akan membuat makanan tersebut lebih sedikit diproses. Di toko, Anda bisa mencari granola batangan dengan kandungan kacang-kacangan dan memiliki jumlah gula tambahan paling sedikit, kata Garcia Cerda.