6 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari untuk Menu Sarapan
Ilustrasi menu sarapan pagi yang perlu dihindari (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sarapan adalah aktivitas membuka hari dengan mengisi energi yang penting dilakukan. Tanpa sarapan, asupan kombinasi protein, serat, dan lemak sehat untuk membuat Anda merasa kenyang sampai waktu makan siang tak akan diperoleh. Pada saat sarapan, diperlukan juga karbohidrat jumlah sedang untuk memberikan energi cepat. Tetapi ternyata tak banyak orang memahami bahwa menu-menu sarapan di bawah ini tak membuat Anda bersemangat dan cukup energi.

1. Sereal manis atau sangat halus

Mengutip Healthline, Minggu, 19 Juni, sereal manis seringkali dihidangkan di meja sarapan. Sebagian besar sereal manis tidak akan membuat energi Anda bertahan lama. Menu sarapan yang penuh gula dan rendah protein dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Ini memicu rasa lapar setelah hormon insulin menurunkan gula darah.

2. Pancake atau wafel

Kedua menu sarapan ini, bukan makanan bergizi untuk mengisi pagi Anda. Mungkin rasanya sangat menggoda, tetapi makanan ini terbuat dari tepung putih halus yang ditaburi mentega dan sirup. Pada dasarnya toping tersebut adalah gula alami dan lemak tak sehat. Ini berate pancake dan wafel tinggi kalori, lemak, dan gula, tetapi rendah protein dan serat. Sarapan ini juga tak membuat Anda kenyang lebih lama. Bila sarapan wafel dan pancake, pilih versi berbahan buah-buahan dan biji-bijian yang padat nutrisi seperti berasal dari tepung almond atau tepung gandum utuh.

menu sarapan pagi yang perlu dihindari
Ilustrasi menu sarapan pagi yang perlu dihindari (iStockphoto)

3. Roti panggang mentega

Roti panggang bermandikan mentega merupakan menu sarapan paling mudah dibuat. Sederhana, tetapi menu ini tidak akan mengisi perut Anda dalam waktu lama karena kekurangan protein. Kandungannya hanya karbohidrat pada roti dan lemak mentega. Bisa jadi sarapan sehat jika Anda menggantinya dengan roti gandum utuh, toping telur yang kaya protein, dan tambahkan tomat, mentimun, serta sayuran hijau.

4. Jus buah

Meskipun kesegaran jus buah bisa mengurangi dahaga, tetapi ini bukan pilihan minuman terbaik. Jus buah mungkin mengandung nutrisi dan antioksidan, tetapi tinggi gula dan rendah serat daripada buah utuh. Artinya tidak terlalu mengenyangkan.

5. Daging olahan

Pada dasarnya daging yang diproses berlebihan seperti bacon, sosis, dan ham, sarat dengan garam yang dapat meningkatkan tekanan darah. Makanan ini juga mengandung nitrit yang berisiko meningkatkan kanker tertentu. Anda perlu menghindari dan meminimalisir sarapan menu ini serta cobalah mengganti dengan daging serat sederhana yang dibumbui sederhana.

6. Menu sarapan cepat saji

Terkadang saat melakukan perjalanan jauh, sarapan menghindari makanan cepat saji sulit dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa sebagian besar makanan cepat saji dikemas dengan tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Agar tetap sehat jikapun tak bisa menghindari sarapan jenis ini, kurangi bagian tepungnya dan pilih minuman tanpa tambahan gula.