Bagikan:

YOGYKARTA - Car seat alias kursi mobil memang dirancang sedemikian rupa untuk membuat kita duduk nyaman Ketika menaiki dan mengendarai mobil. Namun pertanyaannya, apakah car seat boleh untuk newbor?

Normal saja bila kekhawatiran ini timbul sebab selaku orang tua, pasti kita mau memberikan yang terbaik buat buah hatinya.

Nah, buat menghilangkan rasa ketakutan tersebut, kita bakal memberikan informasi lengkapnya, seperti yang dikutip dari beberapa sumber berikut ini.

Bayi newborn masih rentan (Gambar Kelly Sikkema-Unsplash)
Bayi newborn masih rentan (Gambar Kelly Sikkema-Unsplash)

Apakah Car Seat Boleh Untuk Newbor?

Kalau bicara newborn bayi baru lahir, tentunya untuk mendudukan bayi saja sudah berbahaya, apalagi di dudukan di kursi mobil, waduh bisa beresiko. Namun lain cerita bila bayi sudah mampu duduk.

Melansir dari situs babysafeltd, car seat buat bayi sangat nyaman digunakan bila sesuai ketentuan, yakni pakai sofa selama 2 jam supaya tidak terjadi implikasi kesehatan yang serius pada anak, seperti tulang belakang yang tegang serta terbatasnya aliran udara ke paru-paru.

Impilikasi ini dapat terjadi sebab bayi berada dalam posisi setengah tegak dalam waktu lama sehingga dapat mempengaruhi kesehatannya.

Sayangnya, hasil survei babysafeltd mengatakan jika 58% orang tua belum sempat mengetahui infromasi penting ini. Inilah yang membuat Michelle Clark, Suster Unit Neonatal di DRI( The Dietary Reference Intake) mencari tahu lebih banyak mengenai permasalahan tersebut.

Dari beberapa temuannya, Michelle mengutarakan bila sebagian bayi kecil alami permasalahan pernapasan sebab posisi duduk yang salah, seperti kepala bayi yang terkulai sehingga menghalangi jalan pernafasan.

Salah satu upaya menghindari perihal tersebut yaitu dengan mengenakan baby car seat cuma buat saat berpergian dengan mobil.

Walaupun begitu, kursi khusus bayi ini mempunyai khasiat yang bermacam-macam, mulai dari melindungi bayi dari guncangan kendaraan, memberikan kenyamanan saat beritirahat, serta yang paling penting, yakni melindungi anak tidak terlempar keluar mobil bila terjadi kecelakaan.

Jadi, pastikan Kalian mempunyai baby car seat buat melindungi buah hati.

Cara Memilah Car Seat Bayi yang Tepat

I. Pastikan Baby Car Seat Penuhi Standar Keamanan

Hal pertama yang perlu kita tahu yaitu memastikan baby car seat penuhi standar keamanan. Pastikan baby car seat mempunyai 5 titik harness, yakni 2 tali bahu, 2 tali pinggang, serta 1 tali pengaman antara kaki.

II. Perhatikan Bahan Baby Car Seat

Bahan car seat yang panas pastinya bakal membuat bayi rewel serta tidak nyaman. Soalnya, mereka bisa gampang merasa pengap serta jadi lebih mudah berkeringat.

Buat itu, pastikan kalian memilih baby car seat dengan bahan polypropylene serta dilapisi dengan busa.

Bahan ini terkenal empuk, tebal, serta juga sejuk buat kulit bayi.

III. Sesuaikan Car Seat Dengan Berat dan Usia Bayi

Semakin bertambah umur bayi, maka berat badannya juga bakal berubah. Pastinya, perihal ini pula mempengaruhi terhadap pemilihan car seat, lho.

Apabila kita memilih kursi bayi di mobil tanpa mengetahui kapasitasnya, bisa- bisa babycar seat terlalu luas ataupun sangat kecil.

Tipsnya, lebih baik pilih baby car seat dengan jenis convertible seat, yang bisa dipakai sampai anak berumur 7 tahun.

IV. Pilih Baby Car Seat Dengan Busa Tambahan

Pasti, kita tidak bisa menghindari guncangan yang terjadi saat di dalam mobil. Tetapi, guncangan ini dapat beresiko buat bayi sebab mereka dapat terbentur serta terluka.

Untuk itu, kalian perlu memastikan kalau car seat dilengkapi dengan busa tambahan, terutama di dekat area kepal serta kaki. Hal ini bertujuan buat mencegah benturan keras pada bayi.

Untuk lebih lengkapnya kalian juga bisa membaca: “Tips Memilih Baby Car Seat yang Nyaman dan Aman untuk Bayi, Berkendara Jadi Tenang”.

Jadi setelah mengenal apakah car seat boleh untuk newbor, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!