Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi setiap orang tua yang terbiasa membawa keluarganya dengan transportasi mobil, keselamatan anak di dalam mobil tentu menjadi prioritas utama. Hal yang sering ditanyakan adalah, kapan anak boleh duduk di mobil tanpa baby car seat? Untuk selengkapnya, akan kita bahas lebih lanjut dengan panduan yang sesuai di bawah ini.

Kapan Anak Boleh Duduk di Mobil Tanpa Baby Car Seat?

Dilansir dari laman Mechanic Base, posisi menghadap belakang merupakan posisi yang paling aman untuk bayi dan balita sebab memberikan perlindungan maksimal saat kemungkinan terburuk terjadi (kecelakaan). Anak-anak disarankan untuk tetap dalam posisi ini hingga minimal usia dua tahun, atau hingga memiliki batas berat dan tinggi maksimum yang ditentukan oleh produsen car seat.

Bayi dan balita mempunyai tulang yang belum matang dan jaringan ikat yang lebih rentan terhadap cedera. Kursi yang menghadap belakang akan memberikan perlindungan ekstra untuk leher, kepala, dan tulang belakang saat terjadi kecelakaan serius.

Studi terbaru menyimpulkan bahwa kursi keselamatan anak yang menghadap belakang mengurangi risiko cedera serius hingga 14% daripada dengan kursi yang menghadap depan.

Ilustrasi. (Gambar Alexander Grey-Unsplash)

Jenis-Jenis kursi keselamatan anak yang disarankan

Kursi menghadap belakang (1-4 Tahun)

  • Kursi bayi saja: Hanya digunakan menghadap belakang dan biasanya mempunyai batas berat hingga 28-35 pon dan tinggi hingga 30-35 inci.
  • Kursi konvertibel: Dapat digunakan menghadap belakang atau depan, dengan batas berat dan tinggi yang lebih tinggi untuk posisi menghadap belakang.

Kursi menghadap depan (2-7 Tahun)

Setelah anak melebihi batas kursi menghadap belakang, Anda bisa memindahkan mereka ke kursi yang menghadap depan. Idealnya, anak tetap dalam kursi ini hingga usia empat tahun atau hingga mencapai batas berat dan tinggi maksimum.

Booster seat (4-12 Tahun)

Ketika anak Anda melebihi batas kursi menghadap depan, mereka sudah harus menggunakan booster seat. Booster seat sebaiknya selalu ditempatkan di kursi belakang dan bisa digunakan sampai usia 12 tahun.

Sabuk pengaman (8-12 Tahun)

Anak sebaiknya tetap menggunakan booster seat hingga mereka cukup besar untuk diberikan sabuk pengaman dengan benar. Sabuk pengaman harus pas di atas paha atas dan bahu, bukan di perut atau leher.

Kapan Anak Boleh Duduk di Depan?

Anak-anak disarankan untuk tetap duduk di kursi belakang selama mungkin. Periksa juga peraturan lokal mengenai usia minimum anak yang boleh duduk di kursi depan, sebab hal ini bisa berbeda-beda.

Keselamatan anak di dalam mobil menjadi suatu hal yang harus benar-benar diperhatikan. Dengan menjalani panduan tersebut, Anda dapat memastikan anak Anda tetap sehat dan aman selama perjalanan.

Demikianlah ulasan tentang kapan anak boleh duduk di mobil tanpa baby car seat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.