Fuji Pangku Gala Sky di Mobil, Ketahui Alasan Memakai <i>Car Seat</i> Lebih Aman untuk Anak
Ilustrasi pentingnya memakai car seat untuk anak saat di mobil (Pexels/Kampus Production)

Bagikan:

JAKARTA – Adik almarhum Bibi Ardiansyah, Fujianti Utami yang akrab dipanggil Fuji, memangku Gala Sky di mobil tanpa memakai car seat. Pasalnya, di dalam kendaraan perlu memastikan anak-anak berada dalam posisi aman.

Video Fuji memangku Gala diunggah di media sosial TikTok. Ini mengundang rasa khawatir dari publik hingga mengundang komentar dari warganet soal keamanan seluruh penumpang ketika naik mobil, termasuk anak-anak harus duduk di car seat lengkap dengan sabuk pengamannya.

Mengutip anjuran organisasi KidsHealth yang dipublikasi di laman website-nya, berikut alasan mengapa penting memakai car seat ketika mengajak anak-anak naik mobil.

1. Car seat adalah kursi keselamatan anak

Sebutan lain dari car seat adalah kursi keselamatan untuk anak-anak. Dengan memakaikan car seat, maka telah mengambil langkah terbaik untuk melindungi anak-anak saat berada di dalam mobil.

Kecelakaan mobil adalah salah satu penyebab utama kematian dan cedera pada anak-anak. Oleh karena itu car seat menyelamatkan nyawa. Setiap negara bagian di Amerika Serikat, memakai carseat untuk anak-anak diatur oleh hukum.

2. Pemakaian carseat perlu disesuaikan dengan berat, ukuran, dan usia anak

Dalam praktiknya, memilih car seat perlu disesuaikan dengan berat, ukuran, dan usia anak. Ini adalah cara terbaik untuk menjaga keamanan si kecil. Nah, Anda bisa memilih car seat yang memenuhi standar keselamatan.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), car seat  bisa dipakai untuk bayi baru lahir hingga usia 4 tahun. Posisi yang dianjurkan ialah menghadap bagian belakang mobil. Dengan posisi tersebut, seorang anak jauh lebih kecil kemungkinannya mengalami benturan karena bagian belakang akan melindungi kepala, leher, dan dada bayi. Yang harus dihindari, memasaing car seat pada bagian kursi depan pasalnya airbag untuk melindungi bukan didesain untuk bayi dan anak-anak.

3. Ikuti instruksi pemakaian dari setiap model

Banyak sekali produsen car seat, yang tentu saja perlu dipilih berdasarkan kelayakan pakai. Misalnya, kemudahan memakaikan sabuk pengaman, keamanan, dan kenyamanan untuk anak. Periksa juga instruksi manual untuk penggunaannya.

Jika membeli carseat bekas, perlu dicek kelengkapannya. Cek juga apakah car seat tersebut memiliki label pembuatan atau nomor model atau tidak. Selain itu, periksa juga tanggal kadaluarsa, karena ini berkaitan dengan masih layak atau tidak dipakai.

Nah, dari penjelasan di atas, penting bagi orang tua untuk memakai car seat supaya keselamatan anak ketika berkendara bersama di mobil lebih terjamin.