Perlu Dihindari, Kenali 5 Kesalahan dalam Memasang <i>Car Seat</i> di Mobil
Ilustrasi memasang car seat di mobil (Freepik/senivpetro)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Car seat merupakan peralatan penting untuk memastikan keselamatan anak. Cedera ketika dalam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, perlu diantisipasi, menurut Centers for Disease Prevention and Control (CDC). Data laporan mencatat pada tahun 2015, anak di bawah usia 12 tahun terluka dalam kecelakan mobil di Amerika Serikat sejumlah 121.000. Car seat dapat mengurangi kemungkinan kematian dalam kecelakaan mobil hingga 71 persen.

Melalui pembuka di atas, artinya memasang car seat selain harus dilakukan juga perlu dipasang secara tepat. Karena secara tak sadar banyak orang tua melakukan kesalahan dalam memasang car seat. Apa saja dan bagaimana kesalahan yang kerap dilakukan? Ini harus Anda perhatikan.

1. Memasang car seat tidak pas

Car seat mungkin tampak mudah dipasang, tetapi sulit dipasang dengan benar. Beberapa kesalahan umum termasuk posisi kursi pada sudut yang salah; menggunakan sabuk atau jalur sabuk yang salah; dan tidak mengamankan kursi dengan cukup kencang. Jika kursi masih bergoyang lebih dari satu inci di kedua sisi, coba paskan lagi.

memasang car seat di mobil
Ilustrasi memasang car seat di mobil (Freepik/ASphotofamily)

Selain itu, tidak seperti memakai suspender dan ikat pinggang untuk menopang celana, menggunakan kait dan sabuk pengaman secara bersamaan untuk mengamankan kursi mobil bukanlah keputusan yang lebih aman. Justru sebaliknya, pastikan untuk mengikuti manual untuk pemasangan yang benar.

2. Terlalu cepat membalik car seat

American Association of Pediatrics merekomendasikan agar orang tua menjaga bayi dan balita di kursi mobil yang menghadap ke belakang sampai mereka berusia minimal 2 tahun atau melebihi batas tinggi dan berat badan yang diizinkan oleh produsen car seat. Begitu juga sains dan hukum fisika dasar, dilansir Fatherly, Minggu, 1 Januari.

Sejumlah 40% orang tua yang tidak mengetahui rekomendasi tersebut. Mereka ingin melihat wajah anak mereka, atau merasa tidak nyaman karena harus membalikkan balita untuk memasukkannya ke dalam kursi yang menghadap ke belakang.

3. Tidak mengencangkan tether atas car seat

Setiap mobil yang dijual setelah tahun 2001 memiliki tiga titik jangkar. Saat kursi mobil itu akhirnya diputar, penting untuk memastikan tambatan diikat. Satu-satunya masalah adalah 64% orang tua dengan kursi mobil menghadap ke depan tidak menggunakan tambatan atas kursi. Dari mereka yang melakukannya, lebih dari 50% tidak memasangnya dengan benar, sering mengikatnya ke pengait kargo atau mengarahkannya ke jangkar yang lebih rendah.

memasang car seat di mobil
Ilustrasi memasang car seat di mobil (Freepik/ASphotofamily)

4. Membiarkan harness bahu car seat longgar

Membiarkan harness bahu terlalu longgar, atau tidak memposisikan klip dada setinggi ketiak, cenderung dilakukan karena tidak ingin menyakiti bayinya. Namun, penting agar harness bahu tidak kusut dan rata di dada anak dan senyaman mungkin tanpa benar-benar menyakitinya.

Untuk memeriksa kekencangannya, gunakan metode cubit. Jika ada kendur pada tali pengikat bahu saat Anda mencubitnya dengan ibu jari dan telunjuk, berarti tali pengikat harus dikencangkan.

5. Tidak memeriksa apakah car seat kekecilan

Terkadang mudah untuk melupakan bahwa anak Anda pada masa pertumbuhan yang lama-kelamaan melampaui batasan berat atau tinggi kursi mobil mereka. Sebelum Anda mendapati diri Anda melihat ke belakang ke kepala balita yang menjulang tiga inci di atas bagian atas kursi, siapkan pengingat di kalender Anda.

Setiap bulan, tiga bulan, enam bulan periksa batasan car seat dan tinggi serta berat anak Anda. Saat Anda melakukannya, pastikan tali pengikat diposisikan di atas bahu anak untuk kursi yang menghadap ke depan atau pada bayi menghadap ke belakang.