Tips Memilih Baby Car Seat yang Nyaman dan Aman untuk Bayi, Berkendara Jadi Tenang
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Adanya car seat sangat membantu para orang tua yang kerap mengajak bayinya bepergian menggunakan mobil. Car seat merupakan sebuah kursi khusus yang dirancang sebagai tempat duduk anak di dalam mobil. Orang tua perlu tahu tips memilih baby car seat yang cocok untuk si kecil. 

Membawa bayi bepergian menggunakan mobil tentunya membutuhkan perhatian ekstra karena terkadang si kecil rewel dan tidak nyaman saat di perjalanan. Dengan menaruh bayi di car seat maka orang tua bisa menikmati perjalanan dengan lebih tenang. Si kecil bisa duduk dengan nyaman dan aman, sehingga orang tua tidak perlu khawatir. 

Saat ini mudah sekali menemukan berbagai merek dan model car seat yang dijual di pasaran. Namun demi kenyamanan dan keamanan si kecil, sebaiknya Anda membeli car seat yang sesuai kebutuhan. Lantas bagaimana cara memilih baby car seat tepat?

Tips Memilih Baby Car Seat

Masih banyak orang tua yang kesulitan atau bingung saat memilih car seat untuk bayi. Memang sebaiknya Anda mempertimbangkannya secara matang karena berkaitan dengan keselamatan buah hati. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli car seat, mulai dari bantalan, material, desain, ukuran, dan sebagainya. 

Berikut ini beberapa tips memilih baby car seat yang perlu Anda tahu sebelum membelinya:

Standar Keamanan Baby Car Seat

Orang tua perlu memastikan bahwa baby car seat yang akan dibeli sudah memenuhi standar keamanan. Idealnya baby car seat harus memiliki 5 titik harness, yaitu 2 tali pinggang, 2 tali bahu, dan 1 tali pengaman antara kaki. 

Salah satu standar keamanan yang sudah dijadikan acuan di sejumlah negara adalah standar keamanan Eropa. Standar keamanan tersebut ditandai dengan huruf ‘E’ pada label baby car seat, yang menunjukkan bahwa produk telah lolos sertifikasi atau teruji standar keamanan. 

Material Baby Car Seat

Material atau bahan baby car seat juga perlu dipertimbangkan oleh orang tua. Sebaiknya hindari produk dengan bahan yang panas karena akan membuat bayi tidak nyaman dan berpotensi rewel. Dalam kondisi panas, bayi akan merasa pengap dan mudah mengeluarkan keringat. 

Disarankan untuk memilih baby car seat yang terbuat dari bahan polypropylene dan diberi lapisan busa. Material ini dikenal tebal, empuk, dan tetap sejuk untuk kulit bayi, sehingga mendukung kenyamanan si kecil. 

Sesuaikan dengan Usia dan Bobot Anak

Pemilihan baby car seat sebaiknya disesuaikan dengan usia dan bobot bayi. Seiring bertambahnya usia si kecil, maka berat badannya pun turut naik. Oleh karena itu orang tua harus memilih produk dengan kapasitas yang cocok, tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit. 

Alangkah lebih baik jika orang tua memilih baby car seat dengan tipe convertible seat. Produk ini bisa dipakai hingga anak berumur 7 tahun karena dirancang dengan kapasitas yang lebih besar serta kompak. 

Pemasangan yang Mudah dan Kokoh

Saat membeli baby car seat, pastikan Anda mengecek atau memperhatikan cara pemasangannya. Ada dua tipe baby car seat dengan dua metode pemasangan, yaitu dipasang dengan sabuk pengaman dan dipasang menggunakan konektor bawaannya. 

Lebih disarankan untuk memilih baby car seat yang memiliki konektor bawaan, sebab lebih memudahkan pemasangan dan meminimalisir kesalahan. Anda juga bisa memilih produk yang sekaligus bisa dipasang di stroller. Paling penting pastikan produk bisa terpasang dengan baik dan aman di dalam mobil. 

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih baby car seat yang tepat untuk kenyamanan dan keamanan bayi di dalam mobil. Baby car seat menjadi salah satu perlengkapan yang wajib bagi pasutri yang kerap bepergian bersama bayi menggunakan mobil. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.