Bagikan:

YOGYAKARTA – Tips memilih baby carrier yang aman tidak hanya seputar kualitas  bahan dan desain yang ergonomis. Dalam memilih gendongan bayi, ada banyak faktor yang mesti diperhatikan. Salah satunya, gendongan bayi yang dipilih harus support TICKS.

TICKS tidak hanya membuat bayi menjadi lebih aman dan nyaman, tapi juga dapat memperkuat ikatan (bonding) antara orang tua dan anak.

TICKS sendiri merupakan akronim dari dari tight, in view all the time, close enough to kiss, keep chin off chest, dan supported back.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 6 Juli 2024, berikut ini adalah tips memilih baby carrier yang perlu diperhatikan agar si kecil tetap aman dan nyaman.

Tips Memilih Baby Carrier yang Aman

1. Perhatikan material baby carrier

Ketika memilih baby carrier, jangan lupa untuk memerhatikan material atau bahan yang digunakan pada produk baby carier. Sebab, tidak semua bayi memiliki “kulit badak” alias tahan terhadap material apapun.

Material yang digunakan pada produk baby carrier haruslah berkualitas tinggi dan aman untuk bayi. Pilihlah baby carrier yang terbuat dari bahan yang lembut, tahan lama, dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

2. Memiliki desain ergonomis

baby carrier
Ilustrasi baby carrier (foto: Pixabay/jackmac34)

Selain memerhatikan kualitas material, Anda juga bisa memilih baby carrier dengan desain yang ergonomis.

Adapun yang dimaksud dengan baby carrier yang ergonomis adalah gendongan bayi yang dapat men-support TICKS, M-shape, dan knee to knee.

TICKS merujuk pada keamanan tali pengaman pada tubuh orang tua dan bayi dan posisi bayi untuk mempererat bonding.

M-shape merupakan posisi menggendong bayi yang mengikuti posisi alami si kecil ketika ditidurkan secara telentang agar nyaman. Sementara knee to knee mengacu pada letak kain yang menunjang posisi menggendong bayi secara M-shape.

3. Dukungan pada bagian kepala dan leher

Salah satu poin dalam TICKS, yakni supported back. Hal ini merujuk pada bagian depan kain baby carrier yang dapat memberikan dukungan pada bagian kepala dan juga leher.

Perlu diketahui, bayi baru lahir belum memiliki kontrol penuh atas kepala dan leher mereka. Oleh karena itu, penting untuk memilih baby carrier yang memiliki dukungan ekstra pada bagian kepala dan leher. Dukungan ini akan membantu menjaga posisi kepala dan leher bayi tetap stabil dan aman.

4. Mudah digunakan

Tips selanjutnya, pilihlah baby carrier yang mudah digunakan dan tidak memerlukan banyak waktu untuk memasang atau melepasnya.

Pilihlah baby carrier yang praktis dan mudah disesuaikan, sehingga Anda bisa dengan cepat dan mudah menggunakannya kapan saja dibutuhkan.

5. Pertimbangkan berat baby carrier

Baby carrier yang terlalu berat akan membuat Anda cepat lelah dan tidak nyaman saat membawanya.

Oleh sebab itu, pilihlah baby carrier yang ringan namun tetap kuat dan kokoh. Ini akan membantu Anda membawa bayi dengan lebih nyaman dalam waktu yang lebih lama.