Bagikan:

YOGYAKARTA - Gendongan bayi merupakan sebuah kebutuhan primer bagi para orang tua. Selain mempermudah agar tidak pegal, si bayi juga bisa merasa nyaman dan aman. Namun bagi para orangtua baru kalian perlu tahu deh macam-macam gendongan bayi sesuai umur. Yuk kita bahas!

Dilansir dari Natural Child, pemakaian gendongan bayi mempunyai banyak manfaat terlebih dibandingkan cuma membaringkan bayi secara telentang di stroller. Menaruh bayi terlentang dalam waktu yang lama bakal bisa merangsang permasalahan pada tulang leher, punggung, serta pinggang bayi. Tidak hanya itu, berada di stroller begitu lama pula dapat membuat bayi sering bosan serta rewel.

Maka dari itu, pemakaian gendongan bayi dinilai lebih efisien dalam kurangi resiko-resiko yang disebutkan. Memakai gendongan pula dapat membuat bonding antara Kalian ataupun Ayah dengan bayi jadi lebih dekat sebab bayi merasa ikut serta dalam aktivitas Kalian serta Ayah.

Gendongan bayi (Gambar  Christopher Luther-Unsplash)
(Gambar Christopher Luther-Unsplash)

Macam-macam Gendongan Bayi Sesuai Umur

I. Ring Sling

Ring sling ialah kain panjang, umumnya berukuran kurang lebih 2 m, serta mempunyai 2 cincin di salah satu ujungnya. Gendongan ini bisa digunakan buat bayi yang baru lahir maupun batita. Yang penting, Kalian wajib menggendong Si Kecil dalam posisi tegak dengan punggung, bahu, serta pinggul yang ditopang.

Buat memakainya, Kalian perlu memilih sisi badan mana yang dijadikan penopang utama dalam menggendong Si Kecil. Setelah itu masukkan ujung kain pada cincin serta selipkan lagi di bawah cincin yang lain. Ring sling bakal menciptakan kantung buat bayi Kalian yang berasal dari satu bahu ke pinggul yang berlawanan.

Ring sling bakal mempermudah Kalian buat menggendong bayi di depan ataupun di pinggul. Namun sayangnya, gendongan ini rentan membuat Kalian sakit punggung sebab cuma menopang bayi di sati sisi bahu saja.

II. Hipseat

Hipseat ialah gendongan yang menyertakan penyangga bokong bayi yang dipasang pada pinggul Kalian. Gendongan hipseat dianggap lebih berguna daripada pemakaian kereta dorong pada anak sebab bisa tingkatkan bonding dan pencernaan yang lebih sehat.

Pemakaian gendongan hipseat memanglah terbilang gampang untuk pemula. Tidak hanya itu, bantalan pendukung bakal melepaskan tangan Kalian serta suami dalam menggendong sebab sudah terdapat penopang tambahan buat bayi. Namun rata-rata gendongan ini dianjurkan buat anak berumur 3 bulan ke atas, ataupun sudah mempunyai kemampuan menopang leher secara mandiri.

III. Meh Dai Carrier

Meh Dai ialah gendongan yang mempunyai 2 tali buat bahu serta 2 tali yang perlu diikatkan pada pinggang Kalian. Gendongan ini bakal mendekapkan bayi dengan tubuh Kalian. Meh Dai Carrier terdiri dari beberapa jenis, yakni gendongan di bagian depan, belakang, ataupun pinggul Kalian.

Tetapi, buat memakai gendongan tipe ini, Kalian perlu memastikan ikatannya benar serta kencang demi keamanan bayi yang digendong. Kalian pula wajib melaksanakan latihan khusus buat mengikat kain gendongan dengan benar. Gendongan ini dapat digunakan pada bayi yang baru lahir sampai berumur 3 tahun.

IV. Backpack Carrier

Gendongan bayi yang satu ini dirancang buat dikenakan semacam ransel. Umumnya, gendongan ini mempunyai tali bahu yang empuk dengan tali tambahan buat mengencangkan gendongan di bagian pinggang serta dada.

Gendongan ini dirancang khusus buat Kalian pakai dalam durasi yang lumayan lama. Backpack carrier umumnya digunakan saat Kalian serta suami membawa Si Kecil melaksanakan wisata alam.

Namun sayangnya, gendongan ini cuma bisa digunakan pada anak yang sudah bisa duduk serta mempunyai kemampuan kontrol leher yang baik.

Bicara soal bayi pula, orangtua wajib tahu bagaimana “Tips Memilih Ukuran Pakaian Bayi” agar tidak terlalu membuang-buang uang, karena cepat kekecilan.

Jadi setelah mengetahui macam-macam gendongan bayi sesuai umur, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!