Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika baru saja memiliki baby new born tentunya pengalaman yang dimiliki amatlah sedikit apalagi soal memilih pakaian, waduh perlu banget tahu yang Namanya tips memilih ukuran pakaian bayi agar si kecil bisa nyaman untuk memakainya. Nah, kali ini kita akan membahasnya di sini, simak sampai selesai, ya!

Ukuran pakaian buat si kecil umumnya ditetapkan berdasarkan usia. Tetapi, perlu diingat kalau perkembangan anak sangat cepat, sehingga ukuran bajunya pula dapat berganti dengan cepat.

Oleh sebab itu, penting buat memilah ukuran pakaian anak yang sedikit lebih besar dari ukuran tubuh anak. Saat sebelum membeli pakaian anak, hendaknya kalian pula wajib mengukur tubuh anak terlebih dahulu. Ukurlah lingkar dada, lingkar pinggang, serta lingkar pinggul anak buat memastikan pakaian yang kalian pesan sesuai.

Ilustrasi baju bayi (Gambar The Nix Company-Unsplash)
Ilustrasi baju bayi (Gambar The Nix Company-Unsplash)

Mengapa Memilih Ukuran Baju Anak Harus Sesuai?

Sebagian aspek di bawah ini penting buat kalian perhatikan sebelum membeli pakaian anak yang kalian incar.

Tips Memilih Ukuran Pakaian Bayi

I. Pertimbangan Keamanan

Pakaian yang terlalu ketat dapat membatasi gerakan anak, sehingga dapat tingkatkan resiko cedera. Misalnya, pakaian yang terlalu ketat dapat membuat anak kesusahan berlari ataupun bermain.

II. Kenyamanan

Pakaian yang terlalu ketat bisa membuat anak merasa tidak nyaman serta dapat menimbulkan iritasi kulit. Kebalikannya, pakaian yang terlalu longgar pula dapat membuat anak merasa tidak nyaman serta dapat mengakibatkan pakaian gampang lepas ataupun tersangkut.

III. Kesesuaian

Pakaian yang sesuai ukuran bakal membuat si kecil kian nampak lebih rapi serta stylish. Kalian pun juga bakal lebih gampang buat menambahkan dengan pernak-pernik ataupun fashion item lain.

IV. Hemat

Pakaian yang sesuai ukuran bakal lebih hemat sebab tidak perlu kerap diganti sebab kekecilan.

Ukuran Baju Bayi dan Balita (Newborn - 3 Tahun)

Size

Bobot (kg)

Tinggi (cm)

New born

1,8 – 3,6

43 – 53 

3 bulan

4 – 4.9

55 – 61 

6 bulan

5,4 – 6,3

63,5 – 68 

9 bulan

6,8 – 8,1

71 – 73,6

12 bulan

8,6 – 9,5

76 – 78 

18 bulan

9,5 – 10 

81 – 84 

24 bulan

10,8 – 12 

84 – 86 

2 tahun

10,8 – 12 

86,3 – 91,4

3 tahun

13 – 14,5

94 – 99 

Panduan Memilih Baju Bayi Baru Lahir

Memilah pakaian yang aman bakal sangat bermanfaat untuk bayi baru lahir. Ini sebab pakaian bakal terus menempel dengan kulit si Kecil sepanjang waktu. Nah, berikut ini beberapa panduan memilih pakaian bayi baru lahir yang tepat:

I. Pilih Pakaian Bayi Baru Lahir dengan Bahan Lembut

Seperti yang kalian tahu, kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif serta lebih tipis dibanding kulit orang dewasa. Perihal ini membuat kulit bayi cenderung lebih gampang iritasi bila terkena bahan kimia ataupun zat beresiko yang berasal dari bahan pakaian. Oleh sebab itu, penting untuk kalian buat memilih pakaian bayi baru lahir yang dibuat dari bahan katun yang lembut serta sanggup menyerap keringat dengan baik.

II. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bayi

Memilah pakaian bayi baru lahir memanglah menjadi aktivitas yang mengasyikkan, namun kerap kali aktivitas ini malah membuat para orangtua kalap mau memborong semua jenis pakaian yang lucu. Dampaknya, pakaian bayi baru lahir bakal menumpuk di rumah. Sebaliknya, si Kecil bakal berkembang dengan cepat, sehingga memerlukan pakaian yang ukurannya lebih besar.

III. Pilih Pakaian Bayi Baru Lahir yang Modelnya Sederhana

Pakaian bayi baru lahir yang banyak aksesori memanglah lebih menarik serta menggemaskan, tetapi hendaknya kalian menjauhi tipe pakaian semacam itu ya. Ini sebab terlalu banyak aksesori dapat membuat si Kecil tidak nyaman serta terkena pada kulitnya yang masih sensitif. Tidak hanya itu, aksesori pada pakaian bayi pula rawan terlepas serta dapat merangsang resiko tersedak oleh si Kecil. Pakaian dengan pita pada bagian lengan ataupun leher pula tidak aman sebab dapat membahayakan si Kecil.

Bicara soal baju bayi baca juga: “Bolehkah Memberi Wewangian Pada Baju Bayi?”

Jadi setelah mengetahui tips memilih ukuran pakaian bayi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!