Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara mengatasi cat dinding yang menggelumbung bisa Anda terapkan agar dinding rumah terlihat indah dan menarik.

Umumnya, area dengan cat dinding yang menggelembung akan memiliki satu dua gelembung besar yang diikuti dengan beberapa gelembung kecil. Situasi ini bisa membuat dinding dan ruangan terlihat kurang menarik, terlebih bila terjadi di ruang tamu dan area yang mudah dilihat oleh para tamu.

Lantas, bagaimana cara mengatasi cat dinding menggelumbung? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat disimak dalam ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Cat Dinding Menggelembung

Cara mengatasi cat dinding yang menggelembung harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 3 Juni 2024, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi cat dinding menggelembung berdasarkan penyebabnya.

Ilustrasi mengecat dinding
Ilustrasi mengecat dinding (foto: Pixabay/vitivo)

1. Cara mengatasi cat dinding menggelembung akibat permukaan dinding kotor

Permukaan dinding yang kotor bisa jadi penyebab cat dinding menggelembung. Oleh sebab itu, kotoran dan minyak yang menempel pada dinding sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum dicat.

Jika tidak, cat baru akan kesulitan menempel pada permukaan lantaran ditutupi oleh kotoran. Saat cat baru mengering, dan sampai batas tertentu menyusut, mereka akan terangkat dari permukaan dinding. Situasi ini bisa menciptakan gelembung di sekitar bitnik-bintik kotoran.

Untuk mengatasinya, kikis cat dan tambal dinding terlebih dahulu. Berikutnya, bersihkan kotoran yang menempel di permukaan dan cat ulang.

Cara membersihkan dinding sebelum dicat sangat mudah. Anda hanya perlu menyekanya dengan spons yang dibasahi air sabun saja. Setelah itu, seka kembali dengan lap kering. Biarkan permukaan dinding benar-benar mengering sepenuhnya sebelum mengaplikasikan primer dan cat ke area yang ditambal.

2. Cara mengatasi cat dinding menggelembung akibat permukaan lembab

Penyebab cat dinding menggelembung yang berikutnya adalah permukaan dinding yang lembap.

Perlu diketahui, kelembapan yang disebabkan oleh tetesan air, kebocoran, atau masalah pipa bisa menciptakan gelembung berisi air pada cat.

Solusi dari permasalahan tersebut yakni, memeriksa dan mengatasi sumber kelembapan terlebih dahulu.

Jika sudah, terapkan teknik mengikis dan menambal sekaligus membersihkan dinding. Sebelum mengaplikasikan primer dan cat, perkecil kemungkinan kelembapan memengaruhi pengecetan.

Pastikan tingkat kelembapan ruang berada di antara 40-80 persen. Setelah primer dan cat diaplikasikan, jaga permukaan dinding dari kelembapan apa pun sehingga benar-benar kering.

3. Cara mengatasi cat dinding menggelembung akibat paparan suhu panas

Penyebab cat dinding menggelembung yang berikutnya adalah paparan suhu yag terlalu panas. Paparan tersebut bisa berasal dari suhu ruangan atau penggunaan alat untuk mengeringkan cat.

Penyebab cat dinding menggelembung tersebut dapat diatasi dengan teknik mengikis dan menambal sekaligus membersihkan dinding. Pastikan suhu ruangan berada di antara 10-29 derajat celcius sebelum mengaplikasikan primer cat.

Selama proses pengecatan dan pengeringan, gunakan sumber cahaya dalam ruangan. Jika memungkinkan, tutup gorden, pintu, dan jendela yang biasanya mengundang sinar matahari langsung.

Demikian informasi tentang cara mengatasi cat dinding menggelembung. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.