Bagikan:

YOGYAKARTA - Teks prosedur merupakan salah satu bentuk teks yang diajarkan dalam materi pelajaran bahasa. Teks ini menuliskan mengenai langkah-langkah atau tahapan mengenai suatu hal atau kegiatan secara tersetruktur. Teks prosedur sangat sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. 

Teks prosedur bisa dimaknai sebagai teks yang menjelaskan tahapan atau petunjuk untuk melakukan aktivitas. Teks ini juga bisa berupa pedoman dalam metode memecahkan suatu masalah. Contoh teks prosedur yang mudah dijumpai, yaitu resep membuat masakanan, cara mengaktifkan gadget, cara mendaftar perlombaan atau event, dan lainnya. 

Selain sebagai pihak yang membacanya, kita juga terkadang harus membuat teks prosedur untuk kebutuhan tertentu entah pekerjaan, bisnis, ataupun hal lain. Lantas bagaimana struktur teks prosedur yang perlu Anda tahu?

Apa Itu Teks Prosedur?

Teks prosedur adalah teks isinya menjelaskan cara-cara untuk membuat atau melakukan sesuatu. Isi dari teks ini terdiri dari tahapan-tahapan atau urutan langkah, serta memiliki strukturkalimat imperatif bersifat perintah. 

Pembuatan teks prosedur bertujuan untuk memberikan petunjuk kepada pembaca agar tahu cara melakukan suatu pekerjaan. Dengan adanya teks ini, pembaca bisa mempraktikkan, menggunakan material, dan menerapkan metode yang detail mengenai suatu aktivitas. Misalnya cara memesan tiket pesawat, cara mendaftar ujian masuk perguruan tinggi, cara memasak ayam bumbu, dan lainnya. 

Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur harus dibuat dengan memperhatikan struktur agar mudah dipahami dan maksudnya tersampaikan. Berikut ini struktur teks prosedur yang dibuat secara berurutan dan terperinci dalam memberikan informasi:

Tujuan

Pertama, struktur Tujuan. Tujuan adalah hal yang ingin dicapai melalui teks prosedur. Biasanya, tujuan ini ditemukan di judul atau paragraf pertama teks prosedur yang dijelaskan dengan singkat.

Material

Struktur kedua dari teks prosedur adalah Material. Pada bagian ini, alat, bahan, atau persiapan yang diperlukan untuk membuat sesuatu dijelaskan. Umumnya, bagian ini mencantumkan takaran, jumlah, bentuk, atau warna tertentu agar pembaca dapat mencapai hasil yang optimal.

Langkah-Langkah

Ketiga, struktur Langkah-langkah. Ini mencakup tahapan atau proses untuk membuat sesuatu. Tuliskan langkah-langkah dengan kalimat yang jelas, logis, sistematis, dan langsung agar pembaca tidak bingung.

Langkah-langkah merupakan komponen utama dalam teks prosedur. Oleh karena itu, penulisan langkah-langkah ini harus akurat dan teratur. Pastikan urutan langkah tidak keliru agar tidak terjadi kesalahan.

Penegasan Ulang atau Penutup

Struktur terakhir dari teks prosedur adalah Penegasan Ulang. Di bagian ini, kamu bisa menuliskan simpulan atau manfaat yang diperoleh jika pembaca berhasil mengikuti petunjuk yang ada di dalam teks prosedur.

Jenis-Jenis Teks prosedur

Terdapat tiga jenis teks prosedur, yaitu sederhana, kompleks, dan protokol. Setiap jenis teks prosedur memiliki bentuk dan tujuan yang berbeda sebagai berikut ini penjelasannya:

Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana mencakup tahapan atau material yang tidak terlalu banyak, biasanya hanya membutuhkan 2-4 langkah untuk melakukannya. Karena kesederhanaannya, urutan langkah-langkah ini tidak bisa diubah.

Contoh teks prosedur sederhana: 

“Cara menyalakan speaker mobil”, “Cara mengatur suhu AC”, dan lainnya. 

Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks biasanya membutuhkan lebih banyak alat, bahan, dan waktu dibandingkan dengan teks prosedur sederhana. Dalam teks prosedur kompleks, seringkali terdapat sub-tahapan yang harus dilakukan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Contoh teks prosedur kompleks:

Cara membuat dimsum ayam

  • menyiapkan food processor dan menghaluskan semua bahan utama ke dalamnya secara bertahap, kecuali wortel dan kulit pangsit. 
  • Masukan adonan dimsum ke mangkuk atau wadah
  • ambil kulit dimsum dan tuangka 1 sdm adonan, kemudian bungkus sambil pinggirnya dirapikan.
  • Menambah topping wortel parut di atasnya dan ulangi sampai adonan dimsum habis.
  • Kemudian kukus dimsum selama 10 menit, lalu percikan sedikit air agar kulitnya lentur. Selanjutnya kukus embali selama 10-12 menit hingga matang sempurna. 

Teks prosedur Protokol

Teks prosedur protokol mencakup tahapan yang dapat dilakukan dengan fleksibel. Tujuan dari teks ini tetap dapat tercapai meskipun pembaca tidak mengikuti langkah-langkah secara berurutan. 

Contoh teks prosedur protokol:

“Dalam membuat dimson, Anda bebas menentukan porsi seberapa banyak adonannya sesuai selera”.

Demikianlah struktur teks prosedur dan jenis-jenisnya. Teks prosedur dibuat untuk memberikan panduan atau arahan kepada pembaca mengenai cara melakukan suatu aktivitas. Baca juga contoh kalimat majemuk bertingkat

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.