Bagikan:

YOGYAKARTA – Menyimpan daging dalam freezer sehingga membeku, merupakan salah satu cara menjaga tidak rusak dan nilai gizinya tetap baik. Daging yang bisa awet disimpan dalam freezer, tergantung pada potongan dan jenis dagingnya. Di dalam freezer, daging mentah dapat disimpan dan tetap bisa dimakan dengan kualitas tinggi selama 1 sampai 12 bulan.

Lantas bagaimana cara menyimpannya supaya bisa tetap aman dimakan meski telah disimpan lama? Untuk tetap aman dan mencegah bakteri masuk sehingga membuat daging busuk, ikuti tipsnya.

Daging paling aman disimpan dalam freezer bersuhu -18 derajat Celsius. Suhu lebih hangat, ternyata dapat memungkinkan bakteri berkembang biak pada daging sehingga dapat membuat orang sakit kalau memakannya. Inilah kenapa kalau daging disimpan dalam kulkas biasa hanya dapat bertahan beberapa hari saja. Namun kalau dibekukan atau disimpan dalam freezer, bisa memperlambat pertumbuhan bakteri meski tidak cukup mencegah pembusukan makanan.

berapa lama masa kedaluwarsa penyimpanan daging di freezer
Ilustrasi berapa lama masa kedaluwarsa penyimpanan daging di freezer (Freepik/Racool_studio)

Teknik penyimpanan yang tepat, selain dibekukan, ada pula dengan cara pengasapan dan pengawetan. Pada prinsipnya, dalam menyimpan daging diperlukan mencegah penurunan kualitas karena terpapar bakteri. Cara terbaik untuk mempersiapkan daging sebelum dibekukan atau disimpan dalam freezer, adalah dengan langkah berikut.

  1. Simpan daging dalam kemasan kedap udara. Tujuannya menjaga daging tetap aman dalam suhu yang disarankan.
  2. Kalau daging beli di pasar, mungkin sudah dibersihkan jadi siap langsung disimpan. Tetapi untuk daging hewan yang baru disembelih, bungkus dalam kemasan kedap udara terlebih dahulu. Saran FDA dilansir Medical News Today, Jumat, 7 Juni, bungkus dengan banyak lapisan menggunakan kertas kedap udara atau bungkus plastik jika akan dibekukan lebih dari 2 bulan.
  3. Atur suhu dalam freezer setidaknya bersuhu -18 derajat Celsius. Suhu ini menghambat pertumbuhan bakteri dan mematikan mikroba lain seperti ragi dan jamur dalam makanan. Beberapa freezer mungkin tidak dapat mencapai suhu serendah ini secara konsisten sehingga berisiko terkena pertumbuhan bakteri dan daging mengalami pembusukan.
  4. Terdapat tiga cara mencairkan daging yang dibekukan. Cara paling aman, adalah dengan mencairkan kemasan yang tersegel dalam kulkas. Potongan daging mungkin mempengaruhi lamanya waktu daging mencair. Kalau potongannya besar, tentu membutuhkan waktu lebih lama. Kedua, bisa memasukkan daging beku dalam air dingin. Mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Ketiga, cairkan dengan microwave karena beberapa alat ini memiliki pengaturan mencairkan daging beku.

Menurut saran ahli, setelah daging mentah yang beku dicairkan, baiknya tidak dibekukan lagi kecuali dimasak terlebih dahulu. Ini bisa mengurangi tekstur dan kualitas.

Karena daging merah banyak macamnya. Belum lagi jenis yang disiapkan untuk diolah menjadi hidangan tertentu. Maka penting menyimpannya berdasarkan spesifikasi daging tersebut. Untuk daging steak bisa disimpan dalam kondisi beku selama 6-12 bulan.

Daging panggang (4-12 bulan), hati dan lidah sapi (3-4 bulan), daging babi (1 bulan), sosis mentah (1-2 bulan). Ayam bisa lebih lama disimpan beku daripada ikan. Untuk ayam bisa selama 12 bulan sedangkan ikan berlemak lebih singkat masa simpannya dibanding ikan tanpa leman yang bisa disimpan beku selama 6-8 bulan.