Bagikan:

YOGYAKARTA - Idul Adha di beberapa daerah di Indonesia merupakan waktu untuk memperoleh daging. Tak jarang setiap orang yang memperoleh daging lebih dari satu masjid. Nah, masalahnya saking banyaknya itu tak bisa dikonsumsi dan bisa busuk kalau disimpan dengan cara yang salah. Kalian perlu tahu tanda daging sudah tidak layak konsumsi seperti apa, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Tanda Daging Sudah Tidak Layak Konsumsi

I. Berbau

Apabila daging yang kalian simpan mulai menghasilkan bau yang tidak enak, lekas buang daging tersebut serta jangan coba-coba buat mengkonsumsinya. Karena, hal ini merupakan tanda daging sudah busuk.

Mengkonsumsi daging busuk dapat tingkatkan resiko alami gangguan sistem pencernaan.

II. Berwarna Pucat

Warna keabu-abuan tidak selalu berarti kalau daging sapi sudah rusak. Walaupun begitu, kalian senantiasa perlu waspada apabila daging sapi berwarna pucat.

Daging sapi bisa berganti warna sebab metmyoglobin, yakni respon kimia yang terjadi pada saat mioglobin dalam daging terpapar oksigen. Menurut jurnal Microorganisms, keadaan ini dapat memperbesar terbentuknya pembusukan.

III. Kehitaman

Daging di freezer menghitam dapat jadi ciri terbentuknya pembusukan. Lekas buang daging tersebut sebab bisa berisiko menyebabkan keracunan makanan bila tetap dikonsumsi.

IV. Daging Mengering

United States Department of Agriculture (USDA) merekomendasikan supaya tiap daging lekas diolah tidak lebih dari 2 hari sehabis dibeli.

Tidak ada batas berapa lama daging bisa ditaruh dengan aman di dalam freezer. Tetapi, daging yang sudah dibekukan sejak lama cenderung mengering.

V. Lengket serta Berlendir

Tekstur daging penting buat dicermati. Ciri-ciri daging tidak sehat yaitu permukaannya mulai lengket serta berlendir. Sangat tidak dianjurkan buat mengkonsumsi daging bila telah nampak perubahan tekstur tersebut.

(Gambar Monika Guzikowska-Unsplash)
(Gambar Monika Guzikowska-Unsplash)

Daging Sudah Tidak Segar, Apakah Masih Bisa Dimakan?

Kemudian, pada saat mengalami tanda-tanda daging busuk serta tidak layak konsumsi, masih bisakah dimakan? Bila melihat ciri di atas pada daging yang disimpan, hendaknya kalian membuangnya.

Jangan sekali pun sempat makan daging yang tidak segar. Termasuk dengan dalih sayang jika dibuang. Karena, daging yang tidak segar bakal lebih banyak mendatangkan kerugian daripada khasiat untuk kesehatan badan kalian.

Permasalahan kesehatan yang mencuat akibat mengkonsumsi daging yang sudah tidak segar ataupun cenderung membusuk yaitu keracunan makanan. Keadaan ini bisa menimbulkan muntah, diare, serta pula demam.

Bila kalian alami keracunan makanan, lekas datangi dokter buat memperoleh penindakan lebih lanjut.

Cara Menyimpan Daging Supaya Awet

Pemotongan serta Porsi Kecil Potong daging dalam porsi kecil sesuai kebutuhan setiap hari. Ini bakal mempermudah proses pencairan serta menghindari pembekuan ulang yang bisa menurunkan kualitas daging.

Pakai Wadah ataupun Kantong Kedap Udara Simpan daging dalam wadah kedap udara ataupun kantong plastik khusus freezer buat menghindari kontaminasi serta freezer burn (keadaan di mana daging jadi kering serta berganti warna sebab udara).

Label serta Tanggal Jangan lupa berikan label serta menuliskan tanggal penyimpanan pada tiap wadah ataupun kantong daging. Ini bakal mempermudah Kalian buat mengawasi masa simpan serta memastikan daging digunakan sebelum kualitasnya menurun.

Jaga Suhu Kulkas serta FreezerPastikan kulkas dan freezer Kalian berperan dengan baik serta melindungi suhu yang dianjurkan. Temperatur kulkas hendaknya berada di bawah 4°C serta suhu freezer di bawah-18°C.

Tips Penyimpanan di Kulkas

  • Daging Segar di Chiller (Rak Bawah Kulkas)
  • Daging sapi, kambing, serta domba: Bisa ditaruh di chiller (suhu sekitar 0- 4°C) selama 3-5 hari.
  • Daging ayam serta unggas lainnya: Bisa ditaruh di chiller selama 1-2 hari.
  • Daging yang Dibekukan di Freezer
  • Potongan besar daging sapi, kambing, ataupun domba: Dapat ditaruh di freezer (suhu kurang lebih-18°C) sampai 12 bulan.
  • Daging giling ataupun cincang: Hendaknya ditaruh di freezer selama 3-4 bulan.
  • Ayam ataupun unggas utuh: Bisa ditaruh di freezer sampai 12 bulan.
  • Potongan ayam ataupun unggas: Dapat ditaruh di freezer sampai 9 bulan.

Selain itu pelajari juga “Cara Memilih Daging Sapi Berkualitas Tanpa Rusak, Sehat, dan Layak Konsumsi”.

Jadi setelah mengetahui tanda daging sudah tidak layak konsumsi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!