9 Makanan yang Dilarang Disimpan di <i>Freezer</i>
Ilustrasi makanan yang dilarang disimpan di Freezer (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Freezer adalah perangkat elektronik yang kerap dimanfaatkan untuk menyimpan makanan. Suhu dingin freezer bisa menjaga kualitas serta memperpanjang usia penyimpanan. Akan tetapi, ternyata ada beberapa jenis makanan yang dilarang disimpan di freezer.  

Makanan yang mengandung susu atau kandungan air yang sangat tinggi tidak boleh disimpan dibekukan di dalam freezer lantaran bisa mengubah konsistensi rasa makanan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah rangkuman informasi tentang makanan yang tidak boleh disimpan di dalam freezer.

Makanan yang Dilarang Disimpan di Freezer

1. Makanan kaleng atau minuman kemasan

Makanan kaleng dan minuman kemasan tidak boleh disimpan di dalam freezer karena bisa meledak dan membuat berantakkan.

Ketika makanan atau minuman kaleng dimasukkan ke dalam freezer, maka cairan di dalamnya akan mengembang. Hal ini akan menimbulkan tekanan pada kaleng dan membuatnya pecah.

2. Daging yang sudah dicairkan

Menyadur Reader’s Digest, daging beku yang sudah dicairkan dilarang disimpan di freezer.

Makanan beku yang sudah dicairkan bisa mengundang bakteri berbahaya. Alih-alih membekukannya lagi, sebaiknya daging tersebut dimasak dan disimpan di kulkas untuk dimakan kemudian hari.

3. Telur

Mengutip All Recipes, telur mentah atau telur rebus termasuk dalam jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam freezer. Hal ini karena bagian dalam telur isa megembang hingga menyebabkan cangkang telur retak dn berantakkan saat dibekukan.

4. Alpukat

Berikutnya ada alpukat. Buah ini lebih enak disantap dalam keadaan segar ketimbang dibekukan di dalam freezer.

Selain itu, warna alpukat juga akan berubah menjadi cokelat ketika dicairkan. Rasanya juga menjadi sedikit kecut dan pahir.

5. Susu

Susu beserta produk olahannya bisa rusak ketika disimpan di dalam freezer. Suhu dingin freezer bisa memisahkan lemak dari cairan di susu.

Menyimpan susu di dalam freezer tidak hanya merusak, namun juga mengubah konsistensi rasa dari makanan atau minuman tersebut.

6. Mentimun

Timun merupakan salah satu makanan yang tinggi air. Makanan ini dilarang disimpan  di freezer, sebab kandungan airnya bisa membeku. Ini artinya, timun tidak akan bisa dimakan ketika sudah dimasukkan ke dalam freezer.

7. Rempah-rempah

Beberapa bumbu dapur seperti cengkeh, merica, dan bawang putih akan kehilangan keampuhan rasa ketika disimpan di lemari pendingin dengan suhu di bawah 0 derajat Celcius.

Agar keampuhan rasanya tetap terjaga, simpan rempah-rempah tersebut di ruangan terbuka.

8. Mayones

Menukil Martha Stewart, Anda tidak disarankan menyimpan sebotol mayones di dalam freezer. Konsistensi mayones akan berubah ketika dibekukan.

Selain itu, makanan yang dibuat dengan bahan dasar mayones yang disimpan di freezer akan menjadi terlalu lunak dan teksturnya kenyal seperti spons.

9. Selada dan kubis

Seladan dan kubis juga masuk dalam daftar makanan yang dilarang disimpan di freezer. Sayuran ini memiliki kandungan air yang tinggi dan ketika dibekukan dan dicairkan, selada dan kubis akan kehilangan bentuknya, menjadi terlalu, berair, lemas, dan layu.

Demikian informasi tentang makanan yang dilarang disimpan di freezer. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.

Terkait