Bagikan:

YOGYAKARTA - Terdapat beberapa kriteria daging yang baik untuk dikonsumsi, mulai dari tekstur, warna, tampilan hingga baunya. Ini wajib banget diketahui supaya terhindar dari keracunan makanan dan penyakit menular lewat daging yang kita olah.

Maka dari itu, untuk memastikan daging yang aman untuk di konsumsi harus jadi perhatian khusus supaya kalian dan keluarga bisa menikmati daging dengan aman dan memperoleh manfaat dengan maksimal.

Kriteria Daging yang Baik

Saat sebelum memutuskan buat membeli daging yang hendak dinikmati, pastikan Kalian tidak salah dalam memilihnya. Nah, berikut ini merupakan beberapa kriteria daging yang yang aman disantap:

I. Tidak Berbau Busuk

Sesuai namanya, daging segar merupakan daging yang mempunyai aroma ataupun bau yang fresh pula. Berbeda jenis daging, berbeda pula karakteristik khas baunya. Kriteria daging yang aman disantap dapat Kalian kenali dengan menghindari daging yang berbau menusuk, tengik, amis, ataupun asam.

Bila daging telah mempunyai aroma busuk semacam itu, hindari mengolah daging sebab daging sudah tidak aman buat disantap.

II. Tidak Benyek Ataupun Berair

Secara umum, daging mempunyai permukaan yang relatif kering, sehingga dapat menahan perkembangan bakteri dari luar. Bila daging berair, cairan ini dapat menimbulkan perkembangan kuman ataupun mungkin daging telah terpapar bakteri.

Kalian mungkin kerap melihat cairan berwarna merah mirip darah pada daging. Tetapi, Kalian tidak perlu takut. Cairan itu bukanlah darah, melainkan “sari” daging tersebut. Jadi, daging yang tidak berair ialah kriteria daging yang aman disantap.

Buat daging yang berupa kemasan, jauhi kemasan yang rusak, bocor, sobek, dan perhatikan tanggal kedaluwarsanya. Jadi, pastikan Kalian memerhatikan kemasan daging serta membaca label kemasan saat sebelum membelinya.

III. Sertifikasi Halal, Kecuali Buat Tipe Daging Tertentu

Tidak hanya dari metode pemotongan serta tipe daging, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pula memastikan kalau daging disimpan serta diolah dengan benar sesuai standar keamanan pangan nasional.

Buat mempermudah Kalian dalam membeli daging kemasan, pilihlah produk yang telah memilah sertifikasi halal MUI. Tetapi, perihal ini pastinya tidak berlaku buat tipe daging tertentu, misalnya daging babi.

IV. Warnanya Tidak Pucat Ataupun Kehitaman

Metode paling gampang buat mengenali mutu daging yang aman disantap yaitu mengenali kesegaran dari rupanya. Daging sapi, kambing, ataupun kerbau yang fresh umumnya berupa merah, tidak pucat, serta tidak kotor.

Buat daging ayam, bebek, ataupun unggas yang lain, daging serta lemaknya perlu dipastikan berwarna putih kemerahan serta serabut daging relatif halus. Buat daging babi, daging wajib berupa merah jambu tua serta ada lemak yang keras bercorak putih.

V. Teksturnya Kenyal

Kriteria daging yang aman disantap pula dapat dilihat dari teksturnya. Seluruh daging segar, baik daging sapi, kerbau, unggas, ikan, ataupun babi, wajib mempunyai tekstur yang terasa kenyal serta tidak berlendir.

Buat mengidentifikasinya, Kalian dapat menekan perlahan daging yang bakal dibeli memakai jari. Bila daging kembali ke posisi semula sehabis jari Kalian dinaikan, berarti daging tersebut masih baru serta fresh.

Kebalikannya, daging yang sudah mulai busuk umumnya bakal meninggalkan bekas pada saat ditekan, dan terasa lembek, lengket, serta berlendir bila disentuh.

Tidak hanya memerhatikan kriteria daging yang aman disantap seperti di atas, metode menyimpan serta mengolah daging di rumah pula butuh dicermati. Daging fresh ataupun mentah wajib ditaruh dalam wadah bersih serta tertutup. Pastikan pula Kalian mengolah daging sebelum masa kedaluwarsanya.

Pada saat hendak memasak daging, cairkan daging secara merata terlebih dahulu, kemudian masak sampai matang. Jangan membekukan kembali daging yang sudah sempat dicairkan. Tetapi, Kalian boleh membekukan daging yang telah dimasak.

Apabila sehabis mengkonsumsi daging yang kemungkinan tidak segar Kalian merasakan indikasi keracunan makanan, semacam muntah, diare, ataupun sakit perut, lekas periksakan diri ke dokter buat memperoleh penindakan yang tepat.

Kalian juga perlu mengetahui “Cara Mengolah Daging yang Benar Agar Tak Berdampak Buruk Pada Kesehatan”.

Jadi setelah mengetahui kriteria daging yang baik, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!