Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara mencuci pakaian bayi yang benar bisa membantu mencegah iritasi kulit dan menjaga pakaian tetap bersih dan lembut.

Perlu diketahui, bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga rentan mengalami iritasi. Kondisi ini tak hanya disebabkan oleh air, sabun mandi, dan produk perawatan kulit. Pakaian yang dikenakan oleh si kecil juga dapat membuat kulitnya iritasi.

Bayi bisa beberapa kali berganti pakaian dalam satu hari. Agar si buah hati tetap nyaman, Anda perlu mempertimbangkan bahan dan ukuran ketika membeli pakaian untuk bayi.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara mencuci baju bayi yang benar agar si kecil terhindar dari masalah iritasi.

Cara Mencuci Pakaian Bayi

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 8 Juni 2024, berikut ini adalah cara mencuci pakaian bayi yang benar.

1. Gunakan detergen dan pelembut pakaian khusus

Detergen yang digunakan untuk mencuci baju bayi tidak boleh asal-asalan. Pilih detergen dan pelembut pakaian yang formulasinya dibuat khusus untuk bayi. Formula seperti ini biasanya dapat mengindarkan kulit bayi dari masalah iritasi kulit.

Mencuci pakaian bayi dengan detergen khusus sangat penting dilakukan, terutama jika bayi Anda berusia 0-6 bulan. Akan tetapi, bila si kecil memiliki kulit sensitif dan mudah iritasi, sebaiknya gunakan detergen baju khusus bayi dilanjutkan meski anak sudah berusia lebih dari 6 bulan.

Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati dengan penggunaan produk pelembut pakaian. Hindari produk pelembut yang mengandung berbagai zat kimia berbahaya bagi kulit bayi.

Jika ingin menggunakan pelembut pakaian, gunakanlah pelembut pakaian khusus yag aman untuk baju bayi.

2. Jangan gunakan air panas

Sebagian di antara kita mungkin menganggap bahwa mencuci pakaian bayi harus menggunakan air bersih agar lebih mudah menghilangkan kuman. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Mencuci baju dengan air panas justru dapat merusak kain dan mengurangi kelembutannya. Oleh sebab itu, cucilah pakaian bayi dengan air biasa agar kain tidak cepat rusak.

3. Perhatikan label cuci pakaian

Sebelum mencuci baju bayi yang kotor, Anda perlu memerhatikan label yang menempel pada pakaian tersebut.

Biasanya, pada label tersebut dituliskan beberapa informasi dari pakaian tersebut, mulai dari bahan, hingga hal yang tidak boleh dilakukan pada pakaian tersebut. Misalnya, baju harus dicuci manual menggunakan tangan (hand wash) atau mesin cuci (machine wash).

4. Rendam baju selama 30 menit

Berikutnya, cara mencuci pakaian bayi yang benar adalah merendam baju selama 30 menit. Hal ini dilakukan agar kuman di pakaian si kecil mati ketika dicuci.

Merendam baju selama 30 menit juga dapat mencegah bakteri tersebut menginfeksi kulit bayi.

5. Jangan gunakan penghilang noda

Ketika mencuci baju bayi, jangan gunakan penghilang noda susu atau kotoran lantaran zat di dalam produk penghilang noda bisa memicu iritasi pada kulit bayi, terutama kulit yang kering dan sensitif.

Cara paling aman menghilangkan noda pada pakaian bayi adalah membersihkannya dengan air mengalir saat noda masih baru. Anda juga bisa membersihkannya terlebih dulu menggunakan tisu sebelum mencucinya.  

Demikian informasi tentang cara mencuci pakaian bayi yang benar. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.