Bagikan:

JAKARTA - Libido atau gairah seksual rendah merupakan masalah umum dihadapi baik wanita maupun pria. Dikutip dari Very Well Mind, gairah seksual rendah pada pria biasanya disebabkan kadar hormon yang rendah, konsumsi obat, depresi, penyakit kronis dan stres.

Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir. Ada sederet cara meningkatkan gairah seksual baik pada pria maupun wanita secara alami, tanpa perlu obat. Yuk intip rahasianya berikut ini dikutip VOI dari Everyday Health, Jumat, 5 Juli.

Prioritaskan mood untuk berhubungan seksual

Kosongkan waktu Anda di tengah kesibukan padat untuk melakukan hubungan seks.  “Sulit mendapatkan suasana hati yang baik ketika Anda memiliki banyak hal yang harus dilakukan dan hanya punya sedikit waktu untuk berhubungan seks,” kata Dr. Anita Sadaty, MD, ginekologis holistik di Roslyn, New York.

Jadwalkan waktu yang cukup untuk melakukan sesuatu yang menenangkan terlebih dahulu, sebelum melakukan aktivitas ‘inti’. Sebab wanita, khususnya perlu rileks sebelum libido mereka meningkat. 

Hindari pikiran negatif

Jika selama ini pikiran Anda terus bergelut dengan hal-hal negatif yang menurunkan semangat berhubungan seks, seperti bentuk tubuh misalnya. Inilah saat yang tepat menghentikannya. Saat pikiran tersebut muncul, alihkanlah ke pemikiran yang lebih bermanfaat.

Berpikiran positif selama bercinta dapat meningkatkan kenikmatan seksual. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar seks makin nikmat yakni memberi tahu pasangan Apa yang membuat Anda bergairah, menetapkan batasan seksual yang sehat, dan mengeksplorasi fantasi seksual. 

Gunakan pelumas

Vagina kering sering terjadi pada wanita berusia 18 hingga 50 tahun. Sejumlah faktor dapat menyebabkan kekeringan vagina, termasuk penurunan kadar hormon akibat menopause, menyusui, dan pengobatan tertentu. 

Seks bisa menjadi lebih menyenangkan jika Anda menambahkan pelumas, sehingga mengurangi gesekan dan iritasi yang sebabkan ketidaknyamanan, kata para ginekolog. Anda bisa membeli pelumas di toko obat atau menggunakan minyak kelapa. Pastikan menggunakan kondom non lateks jika Anda menggunakan minyak kelapa sebab minyak ini dapat merusak lateks.

Berolahraga

Olahraga juga bermanfaat bagi kepuasan seksual. Pria dengan disfungsi ereksi, misalnya, seringkali dapat melihat perbaikan kondisi dengan perubahan gaya hidup sehat seperti olahraga. Pada wanita, penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik juga dapat meningkatkan fungsi seksual. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang melakukan aktivitas fisik secara teratur (satu hingga enam jam per minggu) memiliki tingkat hasrat, gairah, dan lubrikasi seksual lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak berolahraga.

Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat berdampak negatif pada gairah seks. Salah satu alasannya adalah sekresi hormon dikendalikan oleh jam internal tubuh, dan pola tidur kemungkinan besar membantu tubuh menentukan kapan harus melepaskan hormon tertentu yang berhubungan dengan seks.

Baiki pria maupun wanita, rasa lelah akan menghilangkan libido. Selain itu, bagi wanita, penelitian menemukan bahwa tidur lebih lama dikaitkan dengan hasrat seksual yang lebih besar di hari berikutnya. Dan peningkatan satu jam waktu tidur menyebabkan 14 persen lebih tinggi melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Coba akupuntur

Praktik akupuntur juga dapat meningkatkan gairah seksual. Menyeimbangkan dan merilekskan tubuh dengan akupuntur telah lama digunakan untuk meningkatkan libido, kata Baljit Khamba, ND, seorang dokter naturopati dan asisten profesor pengobatan naturopati di Bastyr University California di San Diego.

Dr Khamba ikut menulis penelitian di mana 35 pria dan wanita dengan disfungsi seksual, kemungkinan disebabkan oleh antidepresan yang mereka pakai, diobati dengan sembilan sesi akupunktur. Pada akhirnya, libido meningkat pada wanita, sedangkan ereksi, waktu ejakulasi, dan kemampuan orgasme meningkat pada pria. Dalam penelitian lain, perawatan akupuntur selama enam minggu dengan 18 sesi menghasilkan perbaikan signifikan pada disfungsi ereksi pada pria.

Masturbasi untuk seks yang lebih baik

Dengan bereksperimen pada diri sendiri, Anda bisa lebih mengetahui apa yang memuaskan secara seksual. Informasi ini kemudian dapat disampaikan kepada pasangan. Bagi wanita, masturbasi juga memiliki manfaat lain. Kekeringan dan nyeri pada vagina dapat berkurang jika Anda meluangkan waktu merangsang diri sendiri, catat Klinik Cleveland.

Itu sebabnya terapis seks kerap merekomendasikan masturbasi sebagai alat bagi wanita yang kesulitan mencapai orgasme. Anda mungkin ingin menambahkan vibrator guna meningkatkan stimulasi.