Alasan Mengapa Seks Penting dalam Hubungan Pernikahan
Ilustrasi (Anna Shvets/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bisakah suatu hubungan bertahan tanpa seks? Jawabannya, ya. Seks tidak selalu dibutuhkan. Tapi seks bisa jadi bagian penting jika ingin membangun hubungan yang sehat dan memuaskan.

Seberapa pentingnya seks dalam hubungan dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain. Penulis buku The Everything Great Marriage, disadur dari Very Well Mind, Selasa, 24 Oktober, mengatakan bahwa ada orang yang mungkin merasa kalau hubungan seks itu penting. Sedangkan orang lain bisa jadi merasa bahwa jenis keintiman dan koneksi lain lebih penting.

Beberapa alasan yang menjelaskan mengapa seks penting dalam suatu hubungan termasuk;

  • merasa lebih dekat dengan pasangan Anda
  • menunjukkan kasih sayang kepada pasangan Anda
  • menemukan seks menyenangkan dan menyenangkan
  • keinginan untuk memiliki anak
  • merasa percaya diri dan seksi
  • menghilangkan stres

Penelitian menunjukkan bahwa sering berhubungan seks dapat meningkatkan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan. Selain itu, berhubungan seks juga sering dikaitkan dengan lebih banyak kasih sayang. Ketika pasangan merasakan lebih banyak kasih sayang dalam hubungan, mereka juga cenderung melakukan hubungan seks lebih sering.

Alasan Mengapa Seks Penting dalam Hubungan Pernikahan(Cottonbro Studio/Pexels)

Ketika membahas tentang seberapa sering pasangan harus berhubungan seks, sebuah penelitian pada tahun 2015 menyarankan pasangan berhubungan intim setidaknya tiga hingga satu kali seminggu. Namun, kehidupan yang semakin sibuk mungkin menghalangi untuk lebih sering berhubungan seks. Dibandingkan dengan frekuensi hubungan seks pada tahun 1990an, orang dewasa pada tahun 2010 melakukan hubungan seks hanya sembilan kali per tahun.

Meskipun frekuensi dapat menurun seiring bertambahnya usia, aktivitas seksual pada orang lanjut usia tetap penting. Secara umum, pasangan menikah yang lebih tua cenderung melakukan hubungan seks lebih sering dibandingkan pasangan yang belum menikah dalam kelompok usia yang sama.

Selain menyadari seberapa pentingnya seks dalam suatu hubungan, berhubungan seks lebih sering (atau setidaknya seminggu sekali) memberikan banyak manfaat untuk hubungan yang penuh cinta dan suportif. Meski begitu, peningkatan keintiman bisa saja terjadi dari tindakan-tindakan lain selain hubungan di atas ranjang.

Jika Anda tidak berhubungan seks secara teratur, tanyakan pada diri Anda alasannya. Terkadang menemui terapis seks mungkin merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah hubungan dan pribadi Anda. Terapi seks bermanfaat tidak hanya bagi Anda, tapi juga pasangan.