Tips Mengelola Liburan Biar Enggak Berantakan dan Bikin Stres
Ilustrasi tips biar liburan enggak berantakan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Momen liburan cukup menggembirakan, tetapi juga bikin stres. Sebagai orang tua, banyak tugas yang dijalankan. Terkadang, untuk menciptakan liburan terbaik untuk anak-anak, keluarga, dan diri sendiri banyak sekali tuntutan yang harus diselesaikan. Lantas bagaimana biar liburan tidak berantakan dan jauh dari stres? Ikuti tips berikut ini.

Pertama, Anda harus menyesuaikan ekspektasi. Cobalah untuk meluangkan waktu sejenak, bagaimana liburan yang sedang Anda harapkan. Kemudian sesuaikan harapan Anda dengan perilaku anak-anak Anda. Kemungkinan aka nada saat-saat merengek, menangis, dan hal-hal luput dari rencana.

Dalam berekspektasi, Anda harus mempertimbangkan banyak kemungkinan. Alih-alih stres memilih banyak tempat, lebih baik sesuaikan destinasi dengan perilaku atau kesukaan anak-anak dan energi Anda.

Kedua, terbukalah dengan perubahan rencana. Terlalu kaku pada rencana awal dan tertutup pada perubahan, membuat liburan tak lagi menyenangkan. Artinya, Anda perlu terbuka untuk mengubah rencana agar liburan berjalan dengan baik. Penting untuk dipahami, Anda tidak bisa membuat semua orang bahagia. Tetapi perlu mengingat apa yang terbaik untuk keluarga, maka perlu banyak penyesuaian dan lebih fleksibel.

Ketiga, raih momen suka cita dengan tetap tertawa dan isi setiap momen sederhana dengan penuh cinta. Tips ketiga ini, menurut psikolog anak Meghan L. Marsac, Ph.D. dilansir Psychology Today, Minggu, 25 Desember, untuk mengatasi ketika momen liburan tidak berjalan sesuai harapan. Anda bisa menikmati hal-hal sederhana dengan suka cita dan tawa.

Ketika ada keluarga atau anak yang sakit atau banyak kebutuhan kesehatan, tradisi liburan mungkin perlu disesuaikan, dan waktu yang harus Anda kumpulkan, rencana liburan menjadi lebih sedikit. Terima bantuan dari orang lain untuk mengadakan liburan yang cocok untuk keluarga Anda. Ini berarti, Anda hanya perlu menyusun rencana yang realistis. Mungkin, liburan yang sempurna adalah momen bersama keluarga dengan suasana sederhana, bukan kemewahan atau bepergian jauh.