Tips Liburan Bersama Bayi Anti Rewel dan Nggak Repot
Liburan bersama bayi (Unsplash/Jonatan Gallegos)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pergi liburan bersama keluarga tentunya menjadi aktivitas yang seru sekaligus berkesan. Namun apabila Anda memiliki anak yang masih berusia bayi atau balita, tentu bakal sedikit merepotkan. Ada beberapa tips liburan bersama bayi agar momen rekreasi Anda tidak terlalu repot dan bisa menyenangkan. 

Menikmati momen liburan bersama anak-anak atau bayi merupakan impian setiap pasangan. Namun ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat liburan bersama bayi. Anak kecil, apalagi bayi biasanya mudah rewel entah karena tempat baru, suhu udara, maupun perjalanan. 

Pastinya Anda tidak ingin momen liburan justru berantakan gara-gara repot mengurus bayi. Oleh karena itu orang tua perlu tahu tips liburan nggak repot dan asyik bersama bayi.

Tips Liburan Bersama Bayi

Banyak orang beranggapan liburan bersama bayi bakal merepotkan. Padahal liburan bersama bayi justru terasa seru asalkan Anda tahu tipsnya. Berikut sejumlah tips parenting yang perlu Anda terapkan saat mengajak anak kecil atau bayi liburan.

Pilih Lokasi yang Ramah Anak

Sebelum pergi berlibur, pastikan Anda menentukan lokasi tujuannya terlebih dahulu. Saat mengajak bayi, Anda harus memilih lokasi liburan yang ramah anak. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang menyediakan fasilitas untuk dimainkan anak-anak. Untuk tempat makan, pilihlah restoran yang memiliki menu kids meal. 

Jauh-jauh hari sebelum berangkat liburan, Anda bisa mencari tahu atau survei lokasi terlebih dahulu. Tidak perlu datang ke lokasi karena Anda bisa mencari informasi melalui media sosial, Google, hingga YouTube.

Membawa Medical Kit

Persiapan yang juga harus diperhatikan adalah terkait kesehatan. Saat berkemas-kemas untuk pergi liburan, pastikan Anda membawa medical kit yang berisi obat-obatan. Barang-barang ini berguna apabila di perjalanan atau lokasi liburan si kecil mengalami gangguan kesehatan. Beberapa obat yang perlu Anda bawa, seperti obat penurun demam, obat alergi, obat diare, hingga perban. 

Pilih Penginapan Standar Keluarga

Memilih penginapan yang tepat juga penting Anda lakukan saat akan liburan bersama bayi. Tentunya penginapan untuk liburan keluarga berbeda dengan penginapan ketika rekreasi bersama teman. Anda perlu memilih penginapan yang homey dan nyaman untuk singgah keluarga. Dengan penginapan yang tepat, si kecil bisa merasa nyaman meski di tempat baru. 

Melakukan Perjalanan Pagi Hari

Waktu keberangkatan atau perjalanan juga penting Anda perhatikan. Saat liburan bersam anak, lebih baik melakukan perjalanan di waktu pagi hari, entah itu naik kendaraan pribadi, kereta, atau pesawat. Pagi hari adalah waktu di mana bayi masih fresh, tenang, dan bersemangat. 

Dengan melakukan perjalan di pagi hari, risiko bayi rewel lebih sedikit. Berbeda ketika Anda melakukan perjalanan di malam hari. Biasanya bayi mudah rewel karena kondisinya sudah capek hingga karena udara dingin. Saat di perjalanan, jangan lupa membawa mainan atau barang-barang favorit bayi untuk menenangkannya. 

Membawa Ekstra Popok dan Baju Ganti

Pastikan juga Anda membawa ekstra popok dan baju ganti bagi si kecil saat liburan. Membawa barang tersebut bertujuan untuk mengantisipasi jika si kecil ngompol atau pup di celana. Selain itu, dengan banyak baju, Anda tidak akan bingung ketika baju yang dipakai si kecil terkena muntahan atau tumpahan makanan. 

Membawa Makanan dan Mainan Favorit Anak

Anak kecil mudah bosan, sehingga berkemungkinan rewel saat di perjalanan maupun lokasi liburan. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu membawa makanan dan mainan favorit si kecil. Saat si kecil rewel atau nangis, Anda bisa memberikan barang tersebut untuk menenangkannya. 

Membawa Barang-Barang Portable

Mengajak anak kecil atau bayi jalan-jalan, pastinya Anda perlu membawa beberapa perlengkapan. Saat ini sudah banyak perlengkapan anak yang mudah dibawa traveling. Anda bisa membawa peralatan portabel, seperti alat makan portable, stroller yang mudah dilipat, cooler bag, car seat, sterilizer, nursing cover, dan sebagainya. 

Demikianlah tips liburan bersama bayi agar tidak repot dan tetap seru. Mengingat anak kecil mudah rewel, pastikan Anda menerapkan tips-tips di atas supaya momen liburan Anda dan keluarga tidak terganggu. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate, nasional maupun internasional.