Bagikan:

JAKARTA - Permasalahan datang tanpa pilih-pilih. Ia datang tanpa kenal waktu dan tempat, dan juga tak kenal usia. Mulai dari anak-anak hingga lansia punya permasalahannya masing-masing yang unik, dan tidak bisa dibandingkan satu dengan yang lainnya.

Hanggini Purinda Retto atau lebih dikenal dengan nama Hanggini punya pengalaman kurang mengenakkan ketika sedang menghadapi sebuah permasalahan. Sebagai anak muda, ia kerap diremehkan oleh orang-orang yang lebih dewasa.

“Kalau misalkan diremehkan dengan generasi yang lebih dewasa, jujur, masih banyak banget yang ngelakuin itu ke aku. Mungkin orang terdekat pun masih melakukan itu,” ungkap Hanggini di Epicentrum, Jakarta Selatan pada Rabu, 22 Februari 2023.

Serupa dengan pengalaman pribadinya, karakter Anggun yang dimainkan Hanggini dalam film Kembang Api juga demikian. Anggun yang masih SMA dan punya permasalahan karena dibully di sekolah, dianggap masalahnya tidak terlalu besar oleh orang-orang dewasa lain dalam film.

Dari karakter Anggun itu, ia berharap orang dewasa tidak meremehkan permasalahan yang dihadapi para remaja dan anak muda. “Ya penginnya sih setelah menonton film ini, orang-orang yang dewasa mendapat pesannya untuk tidak meremehkan orang lain. Jangan mentang-mentang lebih dewasa ngerasa anak kecil itu diem aja,” katanya.

Untuk anak-anak muda dan remaja yang punya pengalaman serupa, dimana masalah yang dihadapi kerap dilihat sebelah mata oleh orang lain. Hanggini berharap mereka bisa lebih berpikir positif agar bisa menjaga kesehatan mentalnya. 

“Harapan yang aku mau untuk generasi milenial dan generasi sekarang yang nonton film ini, kalau lagi terpuruk dan ada di titik terendah ya jangan cepat menyerah. Karena kita gak tahu ke depannya apakah akan ada rencana-rencana besar yang bisa kita dapatkan dan inginkan,” ucap Hanggini.

“Maksudnya untuk berakhir di sini belum tentu jadi jalan terbaik juga. Dan saya percaya habis gelap akan terbit terang, jadi ya terus semangat menjalani hari-hari dan usahakan cari hal positif di segala hal,” pungkasnya.