8 Bahan Alami yang Meningkatkan Testosteron dan Fertilitas Pria
Ilustrasi bahan alami meningkatkan testosteron dan kesuburan pria (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Testosteron adalah hormon seks pria yang berperan pada kesuburan, fungsi seksual, kesehatan tulang, dan massa otot. Kalau tingkat testosteron menurun, maka ada faktor tertentu yang memengaruhinya. Seperti gaya hidup tak sehat ataupun kondisi medis yang tak prima. Untuk mengatasi ini, tak sedikit pria minum obat penambah testosteron. Bahkan ada juga yang memilih minum obat kuat untuk meningkatkan intensitas bercinta dengan pasangannya.

Secara alamiah, tingkat testosteron menurun seiring bertambahnya usia. Setiap tahunnya bisa turun 1-2 persen di samping dipengaruhi gaya hidup dan kondisi tubuh. Melansir Medical News Today, Rabu, 22 Februari, berikut bahan alami  yang tingkatkan testosteron dan fertilitas pria.

1. Jahe

Jahe dimanfaatkan sejak berabad lalu untuk kesehatan dan makanan. Dalam penelitian yang lebih modern, menemukan bahwa jahe dapat membantu meningkatkan kadar testosteron dan kesuburan pria. Mengonsumsi jahe setiap hari selama 3 bulan, dapat meningkatkan kadar testosteron hingga 17,7 persen pada 75 pria partisipan dalam penelitian. Peneliti juga menyarankan bahwa jahe dapat meningkatkan kesehatan sperma. Selain itu, jahe juga sebagai antioksidan bagi penderita diabetes.

bahan alami meningkatkan testosteron dan fertilitas pria
Ilustrasi bahan alami meningkatkan testosteron dan kesuburan pria (Freepik/jcomp)

2. Kerang atau tiram

Tiram mengandung lebih banyak seng pada setiap porsinya dibandingkan makanan lain. Perlu Anda ketahui, seng adalah kandungan penting untuk menjaga kesehatan sperma dan fungsi reproduksi. Pria yang kekurangan seng, dapat mengembangkan hipogonadisme yang mana kondisi tubuh tidak cukup memproduksi testosteron. Ini berpotensi mengalami ketidaksuburan atau keterlambatan pematangan seksual.

Selain kerang, untuk meningkatkan testosteron dan kesuburan bisa mengonsumsi daging merah, daging ungags, kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya.

3. Delima

Delima adalah simbol kesuburan dan fungsi seksual pada masyarakat kuno. Buah ini mengandung antioksidan dan dapat mengurangi stres. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa buah delima dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita setelah minum jus delima murni selama 14 hari. Rata-rata pria yang mengikuti penelitian ini, testosteron meningkat hingga 24 persen.

4. Susu kedelai

Disebut sebagai susu nabati, susu kedelai jika diminum sesuai porsi pas pada orang sehat dapat mencukupi 25 persen kebutuhan vitamin D. Menurut penelitian, vitamin D dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria. Meski medis tidak menemukan manfaat spesifik vitamin D berkaitan dengan testosteron dan kesuburan pria. Tetapi vitamin ini bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta kesehatan secara keseluruhan.

bahan alami meningkatkan testosteron dan fertilitas pria
Ilustrasi bahan alami meningkatkan testosteron dan kesuburan pria (Freepik/Racool_studio)

5. Sayuran berdaun hijau

Sayuran seperti bayam, kaya akan mineral yang dapat meningkatkan kadar testosteron tubuh. Temuan ini diungkapkan dalam penelitian, bahwa mengonsumsi suplemen magnesium selama 4 minggu meendorong peningkatan kadar testosteron bagi peserta yang tidak banyak bergerak ataupun atlet. Namun, peningkatan akan lebih signifikan apabila diikuti olahraga rutin. Selain bayam, makanan yang bermanfaat meningkatkan testosteron antara lain, kacang lentil dan biji-bijian utuh.

6. Ikan berlemak dan minyak ikan

Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega 3. Kandungan ini bermanfaat meningkatkan kualitas air mani dan kadar terstosteron menurut penelitian berbasis hewan pada tahun 2016. Makanan lain yang kaya akan asam lemak, di antaranya ikan makarel, ikan haring, ikan salmon, sarden, dan ikan trout.

7. Minyak zaitun

Kalau Anda menjalankan diet Mediterania, minyak zaitun adalah salah satu menu wajib. Ini karena memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Minyak zaitun kaya akan lemak jenuh tunggal, vitamin E, dan bekerja sebagai antioksidan. Manfaat tersebut berkontribusi pada kesehatan reproduksi pria dan meningkatkan kadar testosteron pada pria dewasa yang sehat.

8. Bawang merah

Bawang merah secara signifikan dapat meningkatkan kadar testosteron ketika dikonsumsi dalam jus selama 4 minggu. Penelitian ini masih dilakukan pada hewan, artinya efek pada manusia mungkin akan berbeda. Tetapi manfaat yang telah teruji dari bawang merah adalah menyehatkan jantung dan melangsingkan pinggang.

Itulah kedelapan bahan alami dan makanan yang membantu meningkatkan testosteron dan kesuburan pria. Selain dapat mengonsumsi makanan di atas, Anda juga perlu menjalani pola hidup sehat, seperti makan teratur, makan makanan sehat, rutin olahraga, terhidrasi cukup, hindari minum minuman beralkohol, dan mendapatkan tidur berkualitas.