Makanan yang Baik dan Pantang Dikonsumsi untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria
Ilutrasi makanan yang baik dan pantangan untuk kesehatan reproduksi pria (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan, nutrisi penting dicukupi. Untuk menjaga kesehatan reproduksi pria, termasuk jumlah sperma, kadar testosteron, dan pengelolaan kondisi tertentu seperti disfungsi efeksi, makanan tertentu dapat dikonsumsi. Tetapi, makanan tertentu juga termasuk sebagai pantangan. Berikut makanan yang baik untuk kesehatan reproduksi pria.

1. Makanan tinggi flavonoid

Disfungsi ereksi adalah kondisi umum di mana sulit bagi seseorang untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi untuk seks yang memuaskan. Suatu jenis antioksidan yang disebut flavonoid dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Makanan kaya akan flavonoid ditemukan dalam the, anggur, sayuran berdaun, rempah, bawang, apel, berry, ceri, kedelai, buah jeruk, dan cokelat hitam. Penelitian yang melibatkan pria berusia 18 hingga 40 tahun menemukan bahwa makanan kaya flavonoid dapat meningkatkan produksi testosterone, berkontribusi produksi sperma normal, serta mencegah penyakit terkait usia yang terkait dengan defisiensi testosteron.

makanan yang baik dan pantangan untuk kesehatan reproduksi pria
Ilutrasi makanan yang baik dan pantangan untuk kesehatan reproduksi pria (Freepik/benzoix)

2. Makanan segar

Diet Mediternia dikenal dengan pola makan yang mengonsumsi makanan segar dan sedang musim, seperti sayuran, buah-buahan, ikan segar, biji-bijian utuh. Dengan mengonsumsi menu diet ini, maka dapat membantu mengatur gula darah dan menjaga aliran darah.

3. Makanan nabati

Tidak ada definisi pola makan nabati yang diterima secara universal. Beberapa orang mendefinisikannya sebagai pola makan yang menekankan makanan utuh, nabati, tidak dimurnikan, dan tidak diproses berlebihan serta membatasi atau tidak mengonsumsi daging, produk susu, dan telur.

Menurut penelitian yang melibatkan 20.000 pria, menunjukkan bahwa makanan nabati dapat mengurangi risiko disfungsi seksual. Makanan nabati, mencakup biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, polong-polongan, minyak sayur, dan teh atau kopi.

makanan yang baik dan pantangan untuk kesehatan reproduksi pria
Ilutrasi makanan yang baik dan pantangan untuk kesehatan reproduksi pria (Freepik/nikitabuida)

4. Semangka

Dalam semangka mengandung senyawa L-citrulline yang dapat meningkatkan daya ereksi pada pria yang lebih tua. Perbaikan atau menjaga kesehatan seksual dengan senyawa ini, sebenarnya paling efektif dengan bentuk suplemen. Selain meningkatkan aliran darah secara keseluruhan, termasuk juga memperbaiki aliran darah ke penis. Penting diketahui, kalau mengonsumsi buah segar, semangka kuning mengandung senyawa L-citrulline lebih tinggi daripada varietas semangka merah.

Selain kategori makanan dan semangka yang dijelaskan di atas, biji labu, kacang brasil, tuna sirip kuning, ikan pecak, dan ikan sarden juga bermanfaat menjaga kesehatan reproduksi pria. Ditambah lagi, makanan yang mengandung magnesium berpengaruh positif pada hormon, khususnya testosteron.

Sedangkan makanan yang jadi pantangan dan bisa mengganggu kesehatan reproduksi pria, di antaranya, diet tinggi lemak, terlalu banyak minum alkohol, dan makanan olahan. Untuk menjaga kesehatan reproduksi, artinya Anda perlu cukup mengonsumsi makanan baik yang disebutkan di atas dan menghindari pantangan.