10 Makanan Penyubur Sperma dari Bahan Organik
Ilustrasi makanan penyubur sperma (Pixabay/Dieterich01)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa kesehatan sperma bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan tertentu yang membuat subur. Ada beragam makanan penyubur sperma yang bisa dikonsumsi terutama saat Anda dan pasangan tengah melakukan program hamil.

Perlu diketahui, sperma yang sehat bisa dilihat dari jumlah, bentuk, dan geraknya. Ketiga indikator tersebut dapat diperbaiki kualitasnya dengan mengonsumsi makanan dan gaya hidup sehat.

Makanan Penyubur Sperma

Makanan yang digunakan untuk menambah kesehatan dan kesuburan sperma secara umum berasal dari bahan organik. Berikut ini beberapa pilihan makanan yang bisa menyehatkan sperma, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Sayuran Hijau

Makanan penyubur sperma yang paling mudah ditemukan adalah sayur hijau, yang mengandung nutrisi baik, yakni asam folat atau vitamin B9. Kedua nutrisi tersebut mendukung regenerasi sekaligus meningkatkan kualitas sperma, sehingga proses pembuahan sel telur akan mudah tercapai. Contoh sayur penyubur sperma adalah brokoli, bayam, asparagus, lobak hijau.

  1. Storberi

Buah stroberi kaya akan vitamin C, yang menjadi antioksidan sehingga membantu mengurangi kadar racun dalam tubuh. Antioksidan juga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma asal diimbangi dengan pola hidup sehat.

  1. Jamur

Jamur mengandung vitamin D yang bermanfaat tidak hanya tulang dan gigi namun sebagai penyubur sperma. Kandungan jamur ini mampu mendukung pergerakan sperma menuju sel telur saat pembuahan. Disarankan untuk mengonsumsi jamur dengan mengombinasikannya dengan menu sehat lainnya.

  1. Telur

Telur jadi bahan makanan yang murah sekaligus mudah didapatkan. Secara keseluruhan, telur mengandung nutrisi asam lemak omega-3 yang dapat membantu menyuburkan sperma. Lemak tersebut dapat meningkatkan jumlah, gerak, dan bentuk sperma. Asam lemak omega-3 juga mampu meningkatkan aliran darah di area organ reproduksi.

Selain omega-3, kuning telur mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan reproduksi pria, termasuk meningkatkan produksi hormon testosteron.

  1. Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung vitamin E yang akan memperkuat sperma sehingga tidak mudah rusak dan dalam kondisi baik. Efek tersebut menjadikan kacang sebagai makanan penyubur sperma yang sangat direkomendasikan.

  1. Hati Sapi

Jangan remehkan sapi, karena hati sapi mmampu menyuburkan sperma pria. Hal itu bisa terjadi karena kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam tersebut dapat menambah sperma hingga peluang terjadi pembuahan tinggi.

Meski demikian, perhatikan aturan makan hati sapi dengan maksimal 3 kali seminggu atau tidak lebih dari 100 gram per sekali konsumsi sebanyak 3 kali seminggu. Selain itu pengolahan harus dilakukan dengan baik dan matang.

  1. Keju

Jika Anda adalah pria penyuka keju, berarti secara tidak langsung ikut menjaga kesuburan sperma karena kandungan poliamina yang punya peran besar untuk memperbaiki sistem reproduksi pria. Anda bisa mengonsumsi keju cheddar atau parmesan.

  1. Tiram dan Makanan Laut

Kerang tiram dan makanan laut mampu menyuburkan sperma karena mengandung zinc. Nutrisi tersebut sangat penting untuk menambah fungsi seksual, meningkatkan kesuburan serta kualitas sperma.

  1. Bawang Putih

Bawang tidak hanya menambah kelezatan masakan namun juga menyuburkan sperma. Pasalnya, bawang mengandung selenium dan alisin. Bawang mampu menambah aliran darah ke organ seksual sekaligus melindungi sperma agar tetap baik.

  1. Tomat

Secara umum tomat mengandung vitamin C yang tinggi. Namun tidak hanya itu saja, tomat mampu menambah kesuburan pria sebagaimana laporan Klinik Cleveland di Ohio. Hal itu bisa terjadi karena tomat mengandung likopen, yakni zat pembentuk karotenoid atau antioksidan yang menangkal radikal bebas dalam tubuh. Tomat juga mampu meningkatkan jumlah sperma sampai 70 persen.

Itulah informasi tentang makanan penyubur sperma. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.