Pasutri Wajib Tahu! Inilah 5 Program Hamil Alami Agar Cepat Mendapatkan Momongan
Ilustrasi wanita hamil (Foto: Pixabay/Greyerbaby)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kehamilan merupakan proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh banyak hal. Sebagian wanita dapat hamil dengan cepat, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu dan usaha untuk mendapatkannya. Nah, bagi pasangan suami istri yang ingin mendapatkan momongan, Anda dapat menjalankan program hamil alami untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Program Hamil Alami untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan 

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan pasangan suami istri untuk meningkatkan peluang kehamilan, antara lain:

1. Berhubungan intim di masa subur

Masa subur adalah hari-hari atau periode ketika wanita berada dalam kondisi paling subur. Masa subur wanita biasanya terjadi sekitar 12–16 hari sebelum masa haid berikutnya. Artinya, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 sampai hari ke-17 setelah hari pertama menstruasi terakhir. Namun, hal tersebut berlaku bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur 28 hari.

Nah, peluang kehamilan paling tinggi berada pada masa subur, terutama pada saat hari ovulasi, yaitu proses ketika sel telur yang sudah matang dikeluarkan menuju tuba falopi dan siap untuk dibuahi oleh sel sperma.

Itulah mengapa, pasutri yang ingin mendapatkan momongan disarankan untuk berhubungan intim pada masa subur istri.

2. Meningkatkan frekuensi hubungan intim

Sebaiknya lakukan hubungan suami istri 2 – 3 kali dalam sepekan. Hal ini membantu sperma mendapatkan kualitas terbaiknya.

3. Jangan gunakan alat kontrasepsi

Apabila Anda ingin mendapatkan kehamilan secara alami, jangan gunakan alat kontrasepsi ketika melakukan hubungan ranjang. Berhubungan tanpa alat kontraspesi bisa membantu Anda mengupayakan kehamilan.

4. Konsumsi makanan penyubur kandungan

Dikutip dari Ai-Care, terdapat makanan yang baik untuk tubuh dan dapat membantu meningkatkan kesuburan, antara lain:

  • Makanan yang kaya antioksidan: Antioksidan seperti asam folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita. Kedua zat tersebut dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan baik pada sperma maupun sel telur. Antioksidan dan asam folat bisa didapatkan secara alami melalui sayuran, kacang-kacangan, dan gandum.
  • Makanan yang kaya serat: Serat dapat membantu mengurangi kelebihan hormon dan kadar gula di dalam tubuh. Serat larut yang dapat ditemukan pada alpukat, ketela, oatmeal, buah-buahan dapat meningkatkan kesuburan pada wanita.
  • Makanan tinggi protein dan omega-3: Konsumsi makanan yang tinggi protein, asam amino dan omega-3 dapat meningkatkan peluang kehamilan pada wanita. Terkait hal ini, Anda dapat memilih ikan berlemak seperti tuna, salmon, makarel, dan sarden.

5. Menghindari stres

Apabila Anda menjalankan program hamil alami, sebaiknya hindari stres berlebihan. Wanita yang mengalami stres berlebihan bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang bisa menyebabkan masalah fertilitas.

Untuk mencegah stres berlebih, Anda bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan atau berolahraga seperti zumba dan yoga. Olahraga tersebut membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga stres dapat teratasi.

Demikian informasi tentang program hamil alami agar cepat mendapatkan momongan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasa para pembaca setia VOI.ID.