Nirina Zubir dan Ringgo Agus Rahman Minta Kesehatan Mental Jangan Diremehkan, Dampaknya Besar
Ringgo Agus Rahman (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ringgo Agus Rahman merasa isu kesehatan mental sesungguhnya sudah ada sejak dulu dan tidak bisa diremehkan. Senada dengan Ringgo, Nirina Zubir juga merasakan hal yang sama.

"Kalau ngomongin isu soal mental health yang sekarang lagi banyak dibahas dimana-mana, kita nggak bisa ngeremehin itu ya. Itu memang ada dari dulu," kata Ringgo dikutip dari ANTARA, Senin, 26 September.

"Kadang kalau ngomongin isu yang ada di luaran kan sering generasi dulu ngomong kalau kok generasi sekarang banyak ya yang kayak gitu-gitu. Sebenarnya bukan cuma sekarang. Dari dulu juga sudah banyak," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ringgo juga bercerita bahwa dirinya dulu pun sempat di-bully. Hanya saja, kini sudah banyak referensi yang bisa dipelajari masyarakat sehingga dapat lebih mengantisipasi terkait kesehatan mental.

"Ngomongin bully, gue juga dulu dibully kok. Cuma memang istilahnya sekarang lebih banyak lagi untuk kita pelajarin dan untuk kita antisipasi," ujar Ringgo.

Di sisi lain, Nirina Zubir pun menyampaikan pendapatnya terkait isu kesehatan mental. Menurutnya, kini sudah banyak sumber yang bisa mendatangkan "serangan" yang bisa mengganggu kesehatan mental. Misalnya seperti hadirnya media sosial.

"Menurutku sekarang ruang atau arahnya lebih banyak untuk ada "serangan" gitu ya. Kalau dulu kan di lingkaran itu saja. Kalau sekarang kan di rumah, pertemanan, sosial media juga. Informasinya luas," jelas Nirina.

Selain itu, Ringgo pun mengaku keberatan jika generasi masa kini dikatakan sebagai generasi dengan mental yang lembek. Menurutnya, setiap generasi tidak bisa dibandingkan siapa yang lebih kuat.

"Nggak bisa dibandingin siapa yang lebih kuat mentalnya. Generasi sekarang katanya lembek (mentalnya). Nggak gitu juga. Generasi yang dulu juga tanpa kita tahu bukannya kuat atau gimana. Justru banyak hal-hal yang traumatis juga," tutur Ringgo.

"Betul. Tapi kan nggak terekspos dan tidak terangkat karena sosial media tidak seheboh sekarang. Ada enak nggak enaknya. Enak bisa dapat info cepat tapi nggak enaknya kadang tidak terukur dengan umur yang seharusnya belum tahu jadi tahu," timpal Nirina.

Ringgo pun kini mensyukuri bahwa sudah banyak lembaga bantuan yang bisa merangkul masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan mental. Terakhir, Nirina juga berpesan agar masyarakat tak perlu merasa sendiri dan mau meminta bantuan jika merasa mengalami gangguan kesehatan mental.

"Sekarang juga lembaga bantuannya sudah banyak kan. Maksudnya yang benar-benar profesional kayak dokter atau orang yang punya sertifikasi khusus untuk membantu orang-orang yang membutuhkan," kata Ringgo.

"Jangan pernah takut untuk minta tolong sih. Kalau kita punya masalah atau segala macam, jangan pernah takut dan jangan pernah sungkan. Jangan pernah merasa bahwa Anda sendiri yang mengalami ini. Jadi kembali lagi, penting untuk ngobrol bersama keluarga," tutup Nirina.