Bisa Dicoba <i>Bunda</i> Ini 5 Cara Membuat Bayi Tidur Lelap Sepanjang Malam
Ilustrasi (Tara Raye/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Menjadi orang tua baru tentu bukan perkara mudah. Apalagi jika diharuskan berhadapan dengan momen di mana buah hati yang baru lahir mengajak begadang di malam hari. Selama ini banyak kasus di mana bayi rentan rewel di malam hari. Tidak sedikit bayi yang kesulitan tidur nyenyak di malam hari meski sudah mendapat asupan ASI (Air Susu Ibu) cukup sebelum ia tertidur. Untuk membantu meringankan aktivitas orang tua menjaga anak di malam hari, berikut tips membuat bayi tidur lelap sepanjang malam.

(Kin Li/Unsplash)

Buat rutinitas waktu tidur

Menciptakan rutinitas waktu tidur adalah cara tepat memberi sinyal kepada bayi tentang waktu yang tepat untuk tidur. Mulailah dengan mandi atau membasuh badan bayi dengan air hangat, lanjutkan dengan pelukan, lagu atau cerita pengantar tidur, hingga membedong bayi dalam selimut agar ia merasa hangat dan nyaman.

Jangan mengganti popok saat bayi tertidur

Agar bayi Anda lelap sepanjang malam, coba hindari penggantian popok yang tidak perlu di malam hari. Gantilah popok anak kecuali berada dalam situasi tertentu, seperti si kecil buang air kecil atau buang air besar. Jika tiba-tiba Anda mengganti popok si kecil, bisa menyebabkan ia terbangun dari tidur.

Bunyikan white noise

White node adalah suara derau yang terus menerus dan seragam pada satu atau lebih frekuensi tertentu. Suara ini menyerupai suara yang ia dengar dari tubuh Bunda saat masih dalam kandungan. Jika bayi mendengarkan suara ini bisa membuatnya merasa aman. Anda dapat menyalakan kipas angin, menyalakan radio secara statis, atau menyanyikan lagu yang menenangkan.

Suara 'Shh'

Suara 'Shh' menenangkan bayi dengan sangat efektif. Buat suara ini dengan keras di dekat bayi Anda untuk menenangkannya sambil menepuk bagian tubuhnya dengan lembut secara berirama. Ini bisa membuat bayi Anda terlelap sepanjang malam.

Segera tenangkan bayi saat menangis

Usahakan untuk sesegera mungkin menenangkan bayi yang menangis. Segera susui atau gendong bayi saat ia mulai menangis. Bayi yang terlanjur terbiasa sering menangis akan rentan rewel dan mengajak begadang baik di siang maupun malam hari. Bayi yang rewel akan kesulitan mendapatkan kenyamanan saat tidur.

Yuk Bunda coba lakukan hal-hal di atas untuk membuat bayi Anda tidur lelap sepanjang malam.