6 Penyebab Sering Kebelet Pipis saat Tidur Lelap Malam Hari
Ilustrasi penyebab sering buang air kecil saat tidur lelap malam hari (Freepik/krakenimages.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Buang air kecil atau kebelet pipis pada malam hari, jika lebih dari sekali yang membangunkan Anda dari tidur lelap, mungkin karena nocturia. Nocturia adalah ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak urin, atau kandung kemih tidak dapat menampung cukup air seni.

Penyebab pipis pada malam hari saat tidur, banyak kemungkinannya. Beberapa faktor penyebabnya memerlukan perawatan medis. Tetapi ada kondisi yang dapat diatasi sendiri di rumah. Berikut daftar penyebab sering pipis malam hari saat tidur.

1. Banyak minum

Pakar sering mengingatkan bahwa hindari minum terlalu banyak atau terlalu dekat dengan waktu tidur. Beberapa waktu sebelum tidur, minumlah lebih sedikit. Hindari pula minum alkohol atau kafein pada sore hari. Sebelum tidur, biasakan untuk pipis terlebih dahulu supaya tidak terbangun ketika sudah terlelap.

2. Infeksi

Infeksi saluran kemih (ISK) memicu keinginan untuk buang air kecil lebih banyak pada siang dan malam hari. Melansir WebMD, Selasa, 28 November, mungkin terasa sakit saat pipis, perut sakit, dan diikuti demam. Gejala tersebut penting untuk didiagnosis oleh dokter dan mendapatkan pengobatan untuk ISK.

penyebab sering kebelet pipis saat tidur lelap malam hari
Ilustrasi penyebab sering kebelet pipis saat tidur lelap malam hari (Freepik)

3. Usia

Semakin tua usia, semakin besar kemungkinan ingin buang air kecil pada malam hari. Pada usia senja, hormon yang membantu memekatkan urin semakin sedikit diproduksi. Sehingga sulit dapat menahan pipis hingga bangun tidur atau pagi hari.

Selain usia, jenis kelamin juga memengaruhi frekuensi pipis. Pada pria, pembesaran prostat kerap terjadi pada usia tua. Biasanya ini tidak serius kecuali diikuti gejala lain. Sedangkan pada wanita, setelah menopause produksi estrogen berkurang. Hal itu dapat menyebabkan perubahan pada saluran kemih yang membuat Anda harus lebih sering pipis. Jika Anda sudah pernah melahirkan, otot panggul juga mungkin lebih lemah yang memengaruhi kandung kemih.

4. Obat tertentu

Beberapa obat mengeluarkan cairan dari sistem tubuh dan membuat lebih sering buang air kecil. Untuk lebih jelas dan terarah, tanyakan kepada dokter apakah obat harian Anda yang menyebabkan sering pipis terutama saat terlelap malam hari.

5. Masalah tidur

Terkadang, bukan kebelet pipis yang membangunkan Anda tetapi begitu bangun, Anda harus pergi ke kamar mandi. Hal ini bisa terjadi jika Anda menderita sindrom kaki gelisah, rasa panas, nyeri kronis, atau depresi. Ada juga hubungan antara sleep apnea dan harus pergi ke kamar mandi pada malam hari.

6. Cairan menumpuk

Ketika kaki bengkak saat seharian berdiri atau kaki terletak di bawah saat beraktivitas, cairan menumpuk. Saat berbaring, tubuh akan mengeluarkan cairan berlebih. Itu mengisi kandung kemih dan membuat Anda terbangun saat lelap untuk pipis. Untuk mengendalikan pembengkakan, istirahatkan kaki dengan mengangkat atau setidaknya sejajar dengan pinggul. Bisa pula mengenakan kaus kaki untuk kompresi.

Di samping penjelasan di atas tentang penyebab sering kebelet pipis pada malam hari dan membangunkan tidur, ada penyebab lainnya yang direkomendasikan untuk periksa ke layanan medis. Penyebab lainnya, karena beser, sistitis interstisial, kehamilan, kegemukan, tumor kandung kemih, tumor prostat. Kondisi lain yang menyebabkan tubuh menghasilkan terlalu banyak urin, antara lain, diabetes, diabetes insipidus, gagal hati, dan penyakit neurologis seperti multiple sclerosis, Alzheimer, dan Parkinson.