Agar Tidur Nyenyak, Lakukan 6 Aktivitas Ini sebelum Terlelap
Ilustrasi sebelum tidur nyenyak (Pexels/cottonbro)

Bagikan:

JAKARTA – Tidur nyenyak merupakan berkah tak terkira. Sebab, berdasarkan penelitian menemukan bahwa sejumlah 10 hingga 20 persen populasi mengalami insomnia.

Dapat tidur dengan nyenyak dipengaruhi oleh kondisi psikologis seseorang. Jika diliputi perasaan gelisah, pikiran melayang-layang, dan tubuh terlalu lelah maka sering susah mendapatkan tidur yang nyenyak. Agar lebih lelap atau mendapatkan kualitas tidur, ada 6 aktivitas yang biasanya dilakukan sebelum tidur.

Cari udara segar

Satu jam sebelum beranjak tidur, sempatkan waktu untuk menghirup udara segar. Udara segar di ruangan terbuka bisa membuat pikiran lebih rileks. Anda dapat berjalan kaki ke sekitar kompleks rumah maupun di balkon rumah.

Cara ini juga bisa mengatasi insomnia. Jalan kaki membuat peredaran darah lebih lancar, pikiran jadi lebih nyaman, dan mendapatkan rasa capek sehingga sesampainya di rumah dapat tidur nyenyak.

Menyiapkan rencana hari esok

Berdasarkan rekomendasi ahli, mencatat rencana hari esok bisa membagi pikiran sehingga tidak terlalu berat. Mulai dari siapa yang harus ditemui hingga apa saja yang harus dibawa. Meskipun hanya menyiapkan pakaian untuk besok, ini dapat memperbaiki mood.

Jika rencana sudah tercatat dan terorganisir dengan baik, pikiran Anda tidak terbebani.  

 

Membersihkan badan dan ganti baju yang nyaman

Memastikan badan bersih perlu dilakukan sebelum tidur. Ditambah lagi, pakailah pakaian yang nyaman. Berbahan lembut dan memiliki serat yang baik untuk sirkulasi udara.

Mematikan lampu dan peralatan elektronik

Agar tidak terganggu persiapan tidurnya, perlu memastikan peralatan elektronik, kompor, pintu sudah dikunci, dan mematikan lampu untuk lebih menghemat energi.

Meditasi

Meditasi sebelum tidur bermanfaat menenangkan pikiran, mengatur napas lebih teratur, dan menyeimbangkan denyut jantung. Meditasi juga bisa jadi aktivitas untuk bersyukur dan lebih menyehatkan apabila rutin dilakukan.  

Berhenti mengakses gawai

Tanpa mengontrol akses gawai, tidur nyenyak bisa terganggu. Maka, letakkan gawai jauh dari tempat tidur dan Anda dapat bersiap lelap tanpa gangguan notifikasi maupun informasi.

Tidur nyenyak besar manfaatnya untuk menjaga tubuh tetap sehat dan lebih bahagia. Untuk mendapatkan tidur nyenyak, kebiasaan apa yang Anda lakukan selain 6 daftar di atas?