5 Manfaat yang Dapat Diambil jika Rutin Meditasi
Ilustrasi (Spencer Selover/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meski ada kaitan erat dengan semadi atau bertapa, meditasi sendiri dilakukan untuk memusatkan pikiran dan relaksasi. Meditasi bisa Anda lakukan sehari-hari dan tempatnya bisa di mana saja. Baik itu di rumah, kantor, atau di alam terbuka jika Anda kebetulan sedang menghabiskan waktu liburan di alam. Secara harfiah, makna meditasi sendiri diartikan sebagai kegiatan merenung dan melatih fokus. 

Saking sibuknya kegiatan sehari-hari, kadang Anda lupa untuk sejenak berdiam diri dan merasa tenang. Ini bisa bikin pikiran dan perasaan lebih jernih. 

Anda cukup ambil posisi nyaman lalu fokus mengatur napas dengan lembut. Kosongkan pikiran dan lakukan selama yang Anda sanggup. Untuk pemula, mulailah dengan 5 menit setiap hari lalu tingkatkan terus, bisa sampai 20-30 menit. Lantas, apa sebenarnya manfaat dari rutin melakukan meditasi? 

Mengurangi kecemasan 

Setiap hari, tentu ada saja peristiwa yang bikin panik dan cemas. Misalnya, listrik mati tengah malam, kendaraan mogok, kartu ATM tertelan mesin, lupa bawa dompet, telat datang ke meeting karena macet, ada wawancara kerja, hingga kehilangan benda penting.

Nah, dengan rutin meditasi, Anda akan bisa mengendalikan rasa cemas yang mendadak muncul. Memang rasa cemas itu tidak bisa dihindari, tapi semuanya terkontrol dengan baik dan Anda jadi bisa berpikir lebih jernih untuk mengatasinya.

Stres berkurang 

Jika Anda rutin melakukan meditasi, perlahan tapi pasti Anda jadi lebih tenang mengatasi masalh hidup. Jika Anda bisa mengontrol hidup, maka stres pun dapat berkurang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University menyatakan bahwa para partisipan mengalami penurunan kadar kortisol (hormon stres) dan terjadi peningkatan dalam memecahkan masalah setelah rutin meditasi selama 2 minggu.

 

Meningkatkan kualitas tidur

Buat yang sering bermasalah dengan tidur, misalnya insomnia atau tidur selalu tidak nyenyak, coba untuk rajin meditasi. Orang yang rutin meditasi kemungkinan besar bisa tidur lebih awal dan berkualitas. Anda akan tidur cukup dan bangun pagi lebih segar plus bersemangat. 

Mengatasi kecanduan

Tahukah Anda jika orang yang rajin meditasi juga cenderung lebih mampu melawan kecanduan dan ketergantungan pada sesuatu. Misalnya rokok atau minuman beralkohol. Secara perlahan, Anda akan memiliki kesadaran yang lebih tinggi tentang kesehatan dan mulai bisa mengendalikan diri terhadap hal-hal yang membuat candu. 

Lebih produktif

Meditasi tiap hari walau cuma 5-10 menit ternyata bisa bikin hari Anda lebih produktif. Praktik ini bisa bikin Anda lebih mengenali pikiran dan perasaan diri sendiri, serta menggali potensi diri. 

Saat meditasi, Anda akan meluangkan waktu untuk mengosongkan pikiran dan sejenak melupakan beban kehidupan. 

Setelah selesai, Anda akan lebih tenang dan fokus pada hal-hal yang harus dilakukan. Bagi yang suka overthinking meditasi jadi hal yang cocok untuk Anda lakukan.