Cara dan 8 Manfaat Meditasi Pernapasan
Ilustrasi meditasi (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa manfaat meditasi pernapasan bisa sangat terasa asal dilakukan dengan cara yang benar. Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, meditasi pernapasan juga memiliki segudang manfaat lain untuk kejiawaan seseorang.

Seperti diketahui, meditasi berarti memusatkan pikiran dan perasaan. Kegiatan ini dilakukan dengan berbagai bentuk, salah satunya dengan meditasi pernapasan. Meditasi ini banyak dipilih karena bisa dilakukan oleh berbagai golongan usia dan bisa dilakukan di mana saja.

Manfaat Meditasi Pernapasan

Cara melakukan meditasi pernapasan yakni dengan duduk santai tanpa bersandar dengan posisi pungung lurus. Tempatkan tangan di paha, sedangkan mata dalam kondisi tertutup. Setelah posisi dilakukan dengan benar, tarik napas sedalam mungkin selama 4 detik, tahan napas dalam tubuh selama 7 detik, lalu hembuskan hingga paru-paru kosong. Saat melakukan hal ini usahakan untuk fokus pada pernapasan. Lakukan teknik ini selama berulang-ulang dengan durasi meditasi 3 hingga 5 menit.

Meditasi pernapasan yang dilakukan dengan benar dan teratur akan mendatangkan sejumlah manfaat yakni sebagai sebagai berikut.

  1. Menenangkan Pikiran

Mengatur pernapasan dengan baik yang dilakukan saat meditasi akan membuat pikiran lebih tenang. Selain itu pernapasan ini membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh dengan maksimal sehingga bisa menekan stres. Pikiran yang tenang akan berdampak pada ketenangan jiwa dan meningkatkan kesehatan mental.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Pernahkah Anda mengalami suasana hati yang buruk karena aktivitas yang padat dan acak? Saat Anda mengalami hal tersebut, cobalah untuk melakukan meditasi pernapasan. Hal itu akan membantu mengembalikan mood baik Anda dalam waktu relatif singkat.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur akan memburuk saat pikiran stres dan tidak merasa rileks. Agar tidur lebih berkualitas, lakukan meditasi pernapasan. Lakukan hal ini secara teratur sebelum tidur dalam kondisi lampu redup. Jauhkan gadget Anda dan usahakan fokus pada pernapasan Anda.

  1. Melatih Paru-paru

Paru-paru yang digunakan dengan baik dan maksimal saat bernapas akan lebih sehat dibanding dengan orang yang hanya bernapas biasa. Anda akan merasakan otot di sekitar paru-paru bekerja dengan baik saat melakukan meditasi ini.

  1. Memperkecil Risiko Hipertensi

Meditasi pernapasan akan membuat Anda lebih tenang sehingga mampu menekan hormon penyebab stres dan marah. Saat hormon ini bisa ditekan, risiko hipertensi akan lebih kecil.

  1. Mengurangi Sesak Napas

Sesak napas bisa terjadi karena kadar oksigen dalam tubuh sedikit. Saat melakukan meditasi pernapasan, tubuh mampu menyerap oksigen dengan maksimal sehingga risiko sesak napas bisa lebih kecil.

  1. Menghindari Gangguan pada Usus dan Otak

Saat tubuh kekurangan oksigen, maka kinerja usus dan otak tidak maksimal. Untuk menghindari hal tersebut lakukan pernapasan dengan benar. Penyerapan oksigen yang maksimal akan membantu mengurangi ganggguan pada usus dan otak.

  1. Meremajakan Sel

Oksigen akan disebar ke seluruh bagian tubuh dengan bantuan darah. Di tingkat sel, oksigen mampu membantu mengganti sel-sel yang aus dalam tubuh.

Itulah informasi terkait manfaat meditasi pernapasan. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.