Berdasarkan Penelitian, Meditasi Bisa Membuat Seseorang Jadi Lebih Manusiawi
Ilustrasi meditasi (Unsplash/JD Mason)

Bagikan:

JAKARTA – Berbagai anjuran untuk bermeditasi sebagai cara mengatasi rasa cemas, gelisah, dan stres mendapatkan jawaban ilmiah. Seorang guru yoga, Elaine Clara Mah, memaparkan bahwa meditasi secara ilmiah bermanfaat untuk kesehatan.

Sedangkan guru dari Vedic Meditation dari Sydney menyimpulkan dengan rutin bermeditasi, seseorang lebih manusiawi. Bagaimana bisa aktivitas menenangkan diri ini efektif menyehatkan baik secara fisik, mental, dan jiwa?

Dilansir Book Meditation Retreats, Rabu, 3 Februari, penelitian yang dilakukan di Universitas California, Los Angeles menunjukkan bahwa meditasi mampu meningkatkan lipatan cortex pada otak. Semakin banyak lipatan, maka semakin luas area untuk menyimpan informasi.

Selain itu, penelitian dari Martinos Center for Biomedical Imaging menemukan bahwa meditasi bisa mengatur gelombang otak menjadi lebih baik. Kedua penelitian tersebut membuktikan bahwa meditasi mampu meningkatkan memori seseorang.

Sindrom penurunan syaraf otak yang menyebabkan penyakit Alzheimer dan dementia juga dapat diminimalisir dengan meditasi. Ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di Beth Israel Deaconess Medical Center.

Bagi yang bekerja multitasking memang membutuhkan fokus dan kerja otak yang berlebih. Dibutuhkan juga energi positif serta energi fisik yang besar. Meditasi dapat bermanfaat untuk hal tersebut, yaitu meningkatkan kemampuan seseorang untuk melakukan banyak tugas secara bersamaan.

Manfaat meditasi tersebut ditemukan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Washington. Tim peneliti menemukan bahwa seseorang yang melakukan meditasi dua jam dalam seminggu, maka setelah rutin selama delapan minggu akan menampakkan perubahan yang mengejutkan. Tingkat fokus lebih tinggi dan berkemungkinan menyelesaikan beberapa tugas dalam waktu bersamaan.

Meditasi juga bermanfaat pada seseorang yang dirundung masa lalu buruk. Partisipan dalam penelitian ini menjalani tiga kali dua puluh menit sesi meditasi. Mereka mempunyai persepsi yang berbeda tentang perasaan sakit.

Aktivitas mengikhlaskan masa lalu dan menghidupi sepenuhnya 'saat ini' dapat dilakukan dengan meditasi. Ini menjadikan seseorang merasa lebih baik secara mental. Karena depresi dan feeling guilty seringkali hadir sehingga mengguncang stabilitas mental seseorang.

Dalam penggalian tentang menfaat aktivitas menenangkan, meditasi, dapat efektif menyinkronkan peristiwa masa lalu, kedirian seseorang, saat ini dan masa depan.

Harmoni, kedamaian dan cinta adalah tiga hal yang membuat seseorang jadi lebih manusiawi. Dan manfaat tersebut didapatkan dengan meditasi. Alih-alih menghabiskan banyak biaya untuk membeli tiket vakansi, menyewa hotel saat liburan, dan menikmati pemandangan.

Seseorang perlu duduk, diam dan menghayati setiap hembusan napas atau dengan meditasi.