Selain Kaki Bengkak, Kenali 7 Tanda Kelebihan Garam Dalam Tubuh
Ilustrasi tanda tubuh kelebihan garam (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Makanan rasa asin, tentu ditambahkan garam sebagai salah satu bumbu. Garam mengandung 60 persen klorida dan 40 persen natrium. Meskipun garam bermanfaat mengendurkan otot. Tetapi kalau jumlah yang dikonsumsi melebihi batas aman, maka dapat berisiko. Nah, tanda kelebihan garam dalam tubuh, dikenali dengan gejala tertentu seperti berikut.

1. Kaki bengkak

Pembengkakan salah satunya karena terlalu banyak natrium dalam tubuh. Tidak hanya kaki, wajah, tangan, dan pergelangan kaki juga akan membesar sebagai tanda kelebihan garam dalam tubuh. Jika menemukan gejala ini, cobalah untuk mengevaluasi sejumlah menu yang Anda makan.

2. Haus terus-menerus

Jika akhir-akhir ini Anda merasa sangat haus, sebagai tanda paling mudah dikenali karena kebanyakan garam dalam tubuh. Garam menyebabkan tubuh menarik air dari sel dan ini menyebabkan rasa haus. Air minum mungkin dapat membantu menetralkan garam dalam tubuh dan sel segar kembali.

tanda kelebihan garam dalam tubuh
Ilustrasi tanda tubuh kelebihan garam (Freepik/Azerbaijan_stockers)

3. Berat badan bertambah

Saat sel menahan air, berat badan mungkin bertambah. Apabila berat Anda naik cepat selama seminggu atau beberapa hari, itu bisa jadi karena terlalu banyak mengonsumsi garam. Jika berat bertambah lebih dari 2 kilogram dalam sehari atau 4 kilogram dalam seminggu, cobalah evaluasi menu makan Anda. Pilihlah makanan yang alami tanpa tambahan garam. Atau batasi asupan tambahan garam sebagai bumbu makanan.

4. Sering buang air kecil

Lebih banyak garam dapat menyebabkan lebih sering ke kamar mandi. Ini bisa jadi karena garam bisa membuat Anda sangat haus, yang mungkin mendorong Anda untuk minum lebih banyak air. Di kemudian hari, Anda mungkin harus pergi ke kamar mandi lebih sering dari biasanya.

5. Perut terasa kembung

Kembung atau saat perut Anda terasa bengkak dan kencang adalah salah satu efek jangka pendek dari terlalu banyak garam. Karena tubuh Anda menahan air, sehingga cairan ekstra menumpuk. Makanan tidak harus terasa asin agar tinggi sodium. Tetapi sandwich, pizza, bagel, dan sup kalengan bisa menjadi sumber garam yang tersembunyi.

tanda kelebihan garam dalam tubuh
Ilustrasi tanda tubuh kelebihan garam (Freepik/cookie_studio)

6. Tekanan darah meninggi

Ada banyak faktor yang membuat tekanan darah meninggi. Tetapi salah satunya karena terlalu banyak natrium. Perubahan tekanan darah juga memengaruhi ginjal Anda. Bahkan terlalu banyak garam dapat membuat ginjal sulit membuang cairan yang tidak Anda butuhkan akibatnya tekanan darah naik.

7. Tidur tak nyenyak

Kalau kelebihan garam pada tubuh, pasti akan memberikan efek tertentu. Termasuk memengaruhi tidur yang awalnya nyenyak, jadi sering bangun karena gelisah. Bahkan ini memengaruhi hari Anda selanjutnya. Tubuh akan terasa lemah apabila kebanyakan garam.

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan sedikit natrium. Dalam sehari setidaknya perlu mendapatkan sebanyak 1.500 miligram. Tetapi rata-rata mengonsumsi garam dalam makanan asin sebanyak 3.400 miligram. Ini artinya, melebihi batas aman konsumsi. Di atas merupakan efek jangka pendek dari kelebihan garam dalam tubuh. Kalau merasakan tanda di atas, Anda perlu segera memperbaiki pola makan karena kalau berefek jangka panjang akan menyebabkan stroke, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.