Kenali Tanda-tanda Keracunan Air Putih, Jangan Minum secara Berlebihan
Ilustrasi Minum Air Panas (Daria Shetsova/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Air putih merupakan minuman yang harus sering dikonsumsi karena bermanfaat bagi kesehatan. Pakar kesehatan juga menganjurkan setiap orang minum air putih minimal 2 liter setiap harinya. Namun perlu diperhatikan bahwa meneguk air putih terlalu banyak justru bisa menyebabkan keracunan. Apa tanda-tanda keracunan air putih?

Tubuh manusia membutuhkan air putih untuk asupan cairan. Dengan adanya asupan cairan yang cukup, maka Anda bisa memiliki daya fokus dan konsentrasi dalam menjalankan aktivitas. Namun jangan sampai Anda kelebihan mengonsumsi air putih karena justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. 

Kondisi ketika terlalu banyak minum air putih disebut dengan keracunan air. Keracunan air terjadi karena banyaknya air yang masuk dalam tubuh dan ginjal tidak bisa menghilangkannya dengan cepat. Berikut ini tanda-tanda keracunan air putih yang harus Anda ketahui.

Tanda-Tanda Keracunan Air Putih

Meski jarang ada kasus kematian karena keracunan air putih, namun kondisi berlebihan minum air putih tetap menimbulkan dampak berbahaya yang harus diwaspadai. Kebanyakan mengonsumsi air putih bisa menyebabkan overhidrasi, masalah pencernaan, hingga mengganggu kesehatan otak.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu tanda-tanda keracunan air putih sebagai berikut ini:

Urine Berwarna Bening

Salah satu tanda keracunan air putih yang mudah diketahui adalah ketika urine berwarna bening. Saat tubuh dalam keadaan sehat atau normal, Anda akan mengeluarkan urine berwarna kuning pucat seperti perasan lemon. 

Saat Anda mengalami dehidrasi, urin akan berwarna keruh. Sebaliknya, jika Anda overhidrasi atau kelebihan minum air putih maka urin akan berwarna bening atau tidak berwarna sama sekali. 

Minum Meski Tidak Haus

Sering minum meski tidak haus juga bisa menjadi tanda Anda keracunan air putih. Biasanya rasa haus muncul dari sinyal tubuh untuk memberitahu kapan harus minum. Namun jika Anda banyak minum air meski sedang tidak haus maka bisa menyebabkan overhidrasi. 

Sering Terbangun karena Ingin Kencing

Tanda lain yang bisa menunjukkan Anda sedang keracunan air putih adalah ketika sering terbangun karena ingin kencing. Jika Anda kerap bangun tengah malam karena muncul keinginan buang air kecil, maka Anda perlu mengurangi jumlah konsumsi air putih. 

Mual dan Muntah

Saat Anda mengalami overhidrasi atau kelebihan minum air putih, maka bisa membuat tubuh merasa mual, muntah, hingga sakit perut. Apabila setelah konsumsi air putih dalam jumlah banyak kemudian Anda merasakan sejumah efek tersebut, maka perlu mengurangi asupan air. 

Pembengkakkan di Beberapa Bagian Tubuh

Kebanyakan minum air putih juga bisa menyebabkan pembengkakkan di beberapa bagian tubuh. Saat tubuh keracunan air putih, akan terjadi ketidakseimbangan elektrolit yang mengakibatkan pembengkakkan sel. Biasanya bagian tubuh yang bengkal yakni di kaki, bibir, atau tangan. 

Sakit Kepala

Konsumsi terlalu banyak air putih juga bisa menyebabkan sakit kepala. Keluhan ini terjadi karena terjadi ketidak seimbangan natrium dalam darah sehingga mengakibatkan pembengkakan sel tubuh. Salah satu pembengkakan bisa terjadi di sel otak yang berefek pada rasa pusing berkepanjangan. 

Otot Terasa Lemas

Ketika otot terasa lemas atau lemah, maka itu bisa menjadi salah satu pertanda Anda keracunan air putih. Konsumsi air putih secara berlebihan dapat menyebabkan kelemahan pada otot, rasa kram, hingga kejang. Kondisi ini terjadi karena natrium dalam darah menjadi encer. 

Mudah Lelah

Dampak lain dari berlebihan konsumsi air putih yakni mudah merasa lelah. Jika Anda sudah makan dan tidur secara cukup, namun masih merasa lelah maka itu bisa jadi tanda Anda overhidrasi karena minum air putih terlalu banyak. 

Demikianlah sejumlah tanda keracunan air putih yang perlu Anda ketahui untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda mengalami beberapa tanda di atas selang setelah minum air putih terlalu banyak, maka sebaiknya kurangi konsumsi air putih. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.