5 Tips Menyelaraskan Pikiran agar Lebih Tenang
Ilustrasi tips menyelaraskan pikiran (Freepik/lookstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam aktivitas yang sibuk, banyak orang perlu menjaga kesehatan emosional. Ini bukan hal yang mudah apalagi dilakukan saat Anda terlalu lelah. Pasalnya, saat lelah pikiran susah diajak kompromi. Kadang bertualang dan memikirkan hal-hal di luar konteks. Maka, Anda perlu mencoba cara-cara sederhana untuk menyelaraskan pikiran supaya lebih tenang dan stres terkontrol.

Stres bisa dialami ketika Anda memiliki banyak peran. Seperti memiliki pekerjaan yang bertarget, menjaga anak-anak, menjadi teman yang baik dan suportif, membayar tagihan, bersih-bersih rumah, hingga menabung untuk liburan. Untuk melunaskan semua peran tersebut, Anda harus menggunakan banyak fungsi logika. Artinya pikiran perlu selalu aktif meskipun sisi emosional sedang bergelombang. Makanya, tips menyelaraskan pikiran agar lebih tenang dalam menjalankan banyak peran berikut ini bisa dilakukan.

1. Bersikap membumi

Membumi atau grounding, dilakukan dengan banyak cara. Seperti berjalan di rerumputan, celupkan kaki ke pantai, dan menghabiskan waktu di alam. Dengan cara ini, Anda bisa menyadari hal-hal yang disyukuri. Meditasi dan yoga juga bisa membantu Anda berfokus, menghilangkan stres, dan menyehatkan jiwa.

tips menyelaraskan pikiran
Ilustrasi tips menyelaraskan pikiran (Freepik)

2. Berlatih mencintai diri

Menguraikan kekacauan dan mencari penyelesaian mungkin tidak hanya dibutuhkan waktu semalam. Maka mulailah memperlakukan diri sendiri seperti Anda memperlakukan sahabat Anda. Artinya, bersikaplah baik dan mencintai diri sendiri. Dengan begitu, Anda bisa selangkah lebih dekat untuk sehat mental, bebas, dan merasakan kedamaian.

3. Jujurlah pada diri sendiri

Bagian terbesar dari penyembuhan atau pertumbuhan ialah dengan mengenali serta mengakui perilaku Anda. Mengakui perilaku berarti bisa mengevaluasi diri dan memperbaiki untuk tahapan selanjutnya. Untuk itu, Anda perlu jujur pada diri sendiri supaya bisa mengembangkan diri.

4. Membatasi gangguan

Pengaruh negatif bisa mengganggu fokus seseorang. Untuk membatasi gangguan, bisa dengan membatasi screen time, menjaga kontrol emosi, hingga mengembalikan fokus dengan mengelola perasaan.

5. Mendapatkan dukungan

Ketika melewati situasi sulit dan banyak tugas, Anda bisa mencari dukungan positif. Baik dari teman dekat, pasangan, keluarga, hingga meminta bantuan dari profesional. Melansir Well of Harmony, MInggu, 10 September, memiliki tempat bersandar sejenak bisa menciptakan perasaan aman dan terpelihara.

Ini juga membantu menempatkan segala sesuatu tetap dalam perspektif, sehat mental, pikiran selaras, dan membantu menyusun strategi untuk melakukan secara berbeda.