Kalau Sering Cemas dan Stres, Tenangkan Diri dengan 5 Cara Ini
Ilustrasi tenangkan diri cari cemas dan stres (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Asumsi dan pikiran negatif, kerap membuat kondisi cemas. Belum lagi tantangan hidup yang enggak selalu mulus bisa membuat stres. Keduanya, cemas dan stres, jika tak dikontrol bisa menurunkan tingkat kesejahteraan. Untuk mendapatkan ketenangan di tengah proses kehidupan, Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas yang bersifat sehari-hari berikut ini.

1. Menyelaraskan napas dan tubuh

Setiap pagi, tubuh sering bekerja secara mekanis. Beranjak dari tempat tidur, menyiapkan banyak hal, dan beraktivitas, bekerja misalnya. Hingga sering luput bahwa napas dan tubuh perlu diselaraskan. Saran Seth J. Gillihan, Ph.D., psikolog berlisensi dilansir Psychology Today, Jumat, 15 Juli, cobalah atur ritme napas sebelum Anda bangun dari tempat tidur. Ambil tiga kali napas secara lambat, dan rasakan bagaimana gerakan udara menggerakkan tubuh. Ini bertujuan menyatukan pikiran dan tubuh agar tetap selaras serta ‘membumi’.

2. Mengevaluasi pikiran Anda

Memikirkan pikiran orang lain tentang Anda, bisa memicu kecemasan dan stres. Misalnya, ketika pasangan lebih pendiam daripada biasanya, kemudian mengetuk pintu asumsi dan membuat Anda berpikir apakah saya salah atau cintanya mulai memudar. Untuk lebih tenang, buat rutinitas setiap hari untuk memperhatikan ketika Anda menyadari ke mana pikiran Anda bergerak.

tenangkan diri dari cemas dan stres
Ilustrasi tenangkan diri dari cemas dan stres (iStockphoto)

3. Pergi ke luar saat makan siang

Makan di luar, jalan-jalan sebentar dengan teman atau rekan kerja, duduk melihat awan, atau aktivitas apapun bisa dilakukan di luar ruangan. Tinggalkan ponsel Anda dan cobalah melihat sekeliling Anda. Udara segar dan perubahan pemandangan dapat meningkatkan semangat dan mengurangi stres lebih efektif dari yang Anda duga.

4. Menikmati kesegaran

Gillihan menggaris bawahi tentang air. Aktivitas merasakan guyuran pertama saat mandi, atau saat mencuci piring, bahkan mencuci tangan, membantu Anda latihan fokus pada present time. Dengan sensasi sentuhan air suhu ruangan atau bahkan suhu hangat, membantu Anda membawa kesadaran lebih besar.

5. Rayakan prestasi harian Anda

Meski jauh dari capaian yang harus diperoleh dalam tiga bulan ke depan, Anda tetap perlu merayakan gerakan-gerakan kecil yang Anda lakukan sehari-hari. Ini merupakan prestasi, karena Anda berhak merasakan kemenangan dan kegembiraan dari langkah kecil yang dilakukan setiap harinya.

Rekomendasi Gillihan lagi, sebelum Anda pergi tidur pada malam hari, tuliskan tiga hal yang berjalan dengan baik secara spesifik. Misalnya, telah ‘membuat olahan wortel yang enak’ lebih berarti daripada ‘makan malam yang menyenangkan’. Memberikan perhatian khusus berkaitan dengan peran yang Anda miliki, bisa memperkuat efikasi diri dan membuat Anda berjarak dari kecemasan serta stres.