Tak Perlu Panik, Begini 4 Cara Mengatasi Mual karena Cemas
Ilustrasi perut mual karena cemas (Foto: Freepik/KamranAydinov)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cemas merupakan perasaan yang muncul ketika sedang khawatir atau takut akan sesuatu. Ini adalah hal yang wajar dan umum dialami banyak orang. Namun, perasaan cemas yang berlebihan dapat menyebabkan mual dan timbul keinginan untuk muntah. Lantas, mengapa hal ini terjadi? Bagaimana cara mengatasi mual karena cemas?

Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat ditemukan pada artikel berikut ini. Yuk, baca terus sampai habis!

Penyebab mual saat cemas

Disadur dari Medical News Today, Minggu, 16 April 2023, kecemasan adalah respon alami tubuh terhadap suatu bahaya atau ancaman, termasuk stres. Ketika hal ini terjadi, otak akan secara otomatis melepaskan senyawa kimia yang disebut neurotransmitter.

Pelepasan senyawa kimia ini bertujuan untuk mempersiapkan tubuh dalam keadaan siap ‘berperang’ melawan bahaya atau ancaman tersebut. Berikutnya, neurotransmitter diteruskan ke sejumlah bagian tubuh. Akibatnya, detak jantung menjadi lebih cepat, otot-otot berkontraksi, dan napas menjadi lebih cepat.

Selain itu, sebagian neurotransmitter yang dilepaskan oleh otak juga masuk ke dalam saluran pencernaan. Kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan mikrobioma di usus. Nah, hal inilah yang dapat menyebabkan mual dan timbul rasa ingin muntah.

Cara Mengatasi Mual karena Cemas

Sedianya, mual dan cemas berlebih bukan merupakan hal yang berbahaya. Kendati demikian, kondisi ini bisa sangat menganggu, terlebih jika sering terjadi.

Cara mengatasi mual karena cemas yang paling baik adalah dengan mengelola rasa cemas tersebut.

Nah, untuk mengelola rasa cemas yang berlebihan, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Menenangkan diri

Rasa cemas dan stres dapat semakin parah jika Anda tidak bisa menenangkan diri atau terus gelisah. Jikalau sudah demikian, Anda akan merasa mual dan berujung ingin muntah saat perasaan cemas tak kunjung diatasi.

Untuk mengatasi rasa cemas berlebih, Anda perlu menenangkan diri. Terkait hal ini, Anda bisa mencari tempat yang jauh dari keramaian.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan terapi relaksasi dengan menarik napas dalam-dalam lewat hidung dan membuangnya secara perlahan lewat mulut.

  1. Mengenyahkan pikiran negatif

Untuk mengenyahkan pikiran negatif, Anda bisa mencoba berendam air hangat. Air hangat dapat melonggarkan otot tubuh yang menegang sekaligus menenangkan pikiran Anda.

Hindari atau bahkan hentikan kebiasaan minum alkohol, merokok, atau minum kopi menjelang waktu tidur supaya tidur Anda tidak terganggu.

  1. Melakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan seperti jogging, dapat mengurangi jumlah ketegangan yang diberikan pada perut.

Selain itu, jogging juga dapat melepaskan hormone endorfin, sehingga suasana hati lebih baik dan mengendalikan kecemasan.

  1. Konsultasi ke dokter

Jika ketiga cara di atas tidak efektif untuk mengatasi mual karena cemas, mungkin saja Anda membutuhkaan bantuan dokter atau psikolog. Jangan malu untuk meminta bantuan kepada dokter jika Anda tidak mengatasi rasa cemas yang dapat menyebabkan mual.

Demikian informasi tentang cara mengatasi mual karena cemas. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.