Cegah Serangan Panik, Begini Cara Meredakan Kecemasan saat Hamil
Ilustrasi Ibu Hamil (pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meredakan kecemasan saat hamil sangat penting supaya rasa cemas tidak berubah menjadi serangan panik. Bila serangan panik terjadi, ibu hamil bisa mengalami kesulitan bernapas dan merasa sesuatu yang buruk akan terjadi.

Sebagai informasi, rasa cemas bisa muncul kapan saja selama periode kehamilan. Tak sedikit ibu hamil yang dirundung rasa cemas karena memikirkan persalinan dan kesehatan janin.

Dikutip dari Healthline, 1 dari 10 wanita hamil mengalami kecemasan. Kondisi ini umum terjadi dan membutuhkan tindakan segera sebelum memengaruhi kondisi ibu dan janin yang sedang dikandungnya.

Cara Meredakan Kecemasan saat Hamil

Telah disinggung di atas bahwa rasa cemas yang muncul saat periode kehamilan merupakan hal yang umum terjadi. Kendati demikian, kondisi ini tetap perlu diatasi. Sebab, rasa cemas yang berlebih selama kehamilan bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan janin.

Untuk mengatasi kecemasan saat hamil, perhatikan tips-tips berikut ini:

1. Bicara dengan pasangan atau orang terdekat

Berbagi perasaan dan ketakutan bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Oleh sebab itu, cobalah bercerita kepada pasangan atau orang terdekat terkait hal-hal yang bisa menyebabkan ibu hamil dirundung perasaan cemas. Selain itu, ibu hamil juga bisa membicarakannya dengan sesama ibu hamil agar dapat bertukar pengalaman.

2. Konsultasi dengan dokter

Bila cara di atas tidak membuat Anda merasa  lega, ibu hamil bisa melakukan konsultasi dengan dokter, lalu jelaska rasa cemas yang sedang dialami. Dokter akan memberikan Solusi untuk membantu meredakan kecemasan dan perasaan ibu hamil.

3. Olahraga

Melakukan olahraga bisa membantu meredakan rasa cemas selama kehamilan. Selain itu, aktivitas ini juga dapat memperbaiki suasana hati.

Ibu hamil tidak perlu melakukan latihan fisik yang berat. Cukup lakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, berenang, atau yoga hamil (prenatal yoga).

4. Istirahat yang cukup

Kurang tidur bisa membuat ibu hamil rentan mengalami stress dan kecemasan. Oleh sebab itu, penting untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya.

Selain untuk mengistirahatkan tubuh, tidur yang cukup juga dapat memaksimalkan pemberian nutrisi kepada janin.

5. Konsumsi makanan bergizi

Cara meredakan kecemasan saat hamil yang berikutnya adalah menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Menyantap makanan bergizi tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin, melainkan juga kesehatan fisik dan psikis ibu hamil.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3. Selain itu, ibu hamil juga perlu meminum air putih setidaknya 1,5 liter per hari untuk mengindari dehidrasi.

6. Selalu berpikir positif

Ibu hamil dituntut disarankan untuk selalu berpikir positif dan tidak mudah percaya pada informasi yang sumbernya tidak jelas.

Jangan mencari informasi soal hal-hal yang menyeramkan yang bisa terjadi selama kehamilan, supaya Anda tidak diliputi rasa cemas.

7. Bersantai

Lakukan pijat untuk membantu mengurangi perasaan cemas yang muncul selama kehamilan. Selain itu, ibu hamil juga bisa melakukan hobi atau hal lain yang membuat pikiran menjadi tenang, seperti menonton film, membaca buku, bertemu teman lama, dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang cara meredakan kecemasan saat hamil. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.