7 Cara Mengatasi Serangan Panik yang Tiba-tiba Muncul di Keramaian
Ilustrasi serangan panik (Unplash/Dave Anker)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Serangan panik adalah sebuah kondisi dimana seseorang tiba-tiba merasakan ketakutan atau kegelisahan yang berlebihan tanpa alasan yang jelas. Ketahui cara mengatasi serangan panik yang muncul secara tiba-tiba terutama di keramaian agar kesehatan mental tetap terjaga.

Cara Mengatasi Serangan Panik

Serangan panik atau (panic attack) bisa berupa ketakutan yang disertai dengan peningkatan detak jantung, napas pendek, ketegangan otot, gemetar, hingga muncul kebingungan. Patut diketahui bahwa serangan panik berbeda dengan serangan kecemasan.

Serangan tersebut bisa menimpa siapa saja, kapan  saja, dan di mana saja. Jika tak diatasi dengan baik, dikhawatirkan akan membawa dampak yang kurang baik untuk penderita dan lingkungan sekitar.

Ketika panic attack melanda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya yakni sebagai berikut.

  1. Kenali Gejala dan Tandanya

Anda harus tahu gejala dan tanda yang akan muncul saat serangan panik menyerang. Dengan begitu Anda bisa melakukan langkah antisipasi lebih awal. Tiap orang memiliki serangan panik yang berbeda-beda, namun secara umum serangan panik bisa berupa jantung berdebar, keluarnya keringan, mual hingga gemetar.

  1. Cari Tempat Aman

Setelah mengetahui gejala serangan panik, Anda bisa mengambil langkah awal dengan mencari tempat yang aman lebih dulu. Anda bisa duduk di kursi atau bersandar di tembok agar lebih tenang. Upaya ini perlu dilakukan untuk menyelamatkan Anda dari lingkungan sekitar mengingat serangan panik bisa muncul kapan saja dan di mana saja.

  1. Atur Napas

Mengatur napas dengan baik bisa meredakan stres dan ketakutan dengan efektif sehingga Anda bisa berpikir lebih jernih. Atur napas agar lebih pelan, dalam, dan teratur. Cara atur napas saat terkena serangan panik adalah dengan menarik napas lewat hidung, lalu keluarkan perlahan lewat mulut. Anda bisa tutup mata agar bisa fokus ke napas. Lakukan pengaturan ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Hirup Wewangian

Wewangian bisa memancing rasa relaks dan santai. Anda bisa menghirup baju, parfum, atau apapun yang sekiranya wangi agar lebih tenang. Lakukan hal ini dengan posisi duduk sambil mengatur napas.

  1. Kontrol Pikiran

Kepanikan yang tak beralasan bisa diatasi dengan mengontrol pikiran. Teknik ini sangat dianjurkan untuk Anda yang sering mengalami panic attack. Saat hal ini terjadi, cobalah untuk membayangkan tempat yang Anda sukai atau bayangkan orang yang Anda cintai agar lebih tenang.

Anda juga disarankan untuk menggunakan teknik grounding, yakni dengan menghindari pikiran negatif. Pikiran tersebut bisa dialihkan dengan cara menghitung sesuatu atau memperhatikan kondisi sekitar Anda demi mengalihkan ingatan buruk.

  1. Minta Bantuan Orang Dekat

Orang terdekat bisa jadi obat yang ampuh untuk meredakan serangan panik. Bantuan kecil tersebut bisa berupa pelukan, menggenggam orang terdekat, dan sebagainya. Atau orang terdekat bisa menyelimuti Anda dengan jaket atau selimut hangat agar penderita serangan panik bisa lebih tenang.

  1. Mengucapkan Kalimat Positif

Kalimat positif juga membantu meredakan serangan panik. Kalimat tersebut mampu membawa sugesti baik untuk Anda. Contoh kalimat untuk meredakan serangan panik seperti “semua baik-baik saja”, atau “tenang saja”, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa merapalkan doa menurut keyakinan Anda untuk membantu meredakan serangan ini.

 Itulah beberapa cara mengatasi serangan panik. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.