7 Tips Memulihkan Kesehatan setelah Terserang Flu
Ilustrasi tips memulihkan kesehatan setelah terserang flu (Freepik/benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setelah terserang flu, tubuh memerlukan waktu untuk pemulihan. Meski pemulihan yang terbaik tak bisa instan dan hanya dilakukan dengan mendapatkan cukup istirahat serta tetap terhidrasi, ada beberapa tips tambahan yang membantu tubuh kembali sehat.

Flu adalah infeksi saluran pernapasan yang sangat menular. Ini disebabkan virus influenza yang biasanya berlangsung sekitar satu minggu. Namun gejala yang paling parah, hanya berlangsung dua atau tiga hari. Saat mengalami fase gejala yang paling parah, tubuh akan terasa lelah, lemah, dan batuk serta pilek selama seminggu setelah pulih. Untuk memulihkan kesehatan setelah terserang flu, berikut tips yang perlu Anda lakukan.

1. Tetap di rumah

Tubuh membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus flu. Itu artinya, rutinitas harian perlu dikurangi. Anda mungkin tergoda untuk beraktivitas ke luar rumah. Namun baiknya, tetaplah di rumah untuk membantu lekas pulih. Selain juga mencegah penyebaran flu kepada orang lain di sekitar.

2. Tidur sebanyak mungkin

Tidur adalah obat terbaik untuk tubuh saat melawan flu. Anda bisa rebahan sambil menonton televisi. Tetapi hindari begadang berlebihan. Tidurlah lebih awal dari biasanya dan dapatkan tidur yang nyenyak. Istirahat juga mengurangi risiko komplikasi flu yang serius, seperti pneumonia.

tips memulihkan kesehatan setelah terserang flu
Ilustrasi tips memulihkan kesehatan setelah terserang flu (Freepik)

3. Lakukan sejumlah tips untuk kelancaran pernapasan

Sulit tidur karena hidung tersumbat dan batuk, bisa diredakan dengan beberapa tips. Supaya bernapas lebih lega, tidur dengan tambahan bantal yang menopang kepala. Ditambah lagi, tidur dengan alat pelembap udara atau mandi dengan air hangat sebelum tidur.

4. Makan makanan sehat

Buah-buahan dan sayuran segar menyediakan vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang memperkuat sistem kekebalan saat Anda melawan virus. Anda mungkin tidak memiliki nafsu makan, tetapi tetap harus makan teratur untuk menjaga kekuatan tubuh.

5. Minum sesendok madu untuk meredakan batuk

Madu adalah obat alami yang umum dipakai untuk meredakan sakit tenggorokan atau batuk. Anda bisa mencampurkan madu dengan teh. Bisa juga ditambahkan dalam minuman hangat sesuai selera Anda. Manfaat madu, dibuktikan penelitian, bahwa madu efektif mengendalikan batuk malam hari dibandingkan obat penekan batuk pada anak usia 2-18 tahun yang menderita infeksi saluran pernapasan atas.

6. Minta obat antivirus kepada dokter

Obat antivirus hanya tersedia dengan resep dokter. Maka Anda perlu periksa ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat tersebut. Obat-obatan ini, biasanya diperuntukkan bagi orang-orang yang berisiko tinggi kena komplikasi flu. Obat-obatan ini mencegah virus tumbuh dan bereplikasi. Obat ini bekerja paling baik jika Anda meminumnya dalam waktu 48 jam setelah gejala muncul.

7. Jaga pikiran tetap positif

Orang sering lupa bahwa emosi dan sikap memengaruhi perasaan secara fisik. Melansir Healthline, Selasa, 23 Januari, meskipun hidung tersumbat, demam, dan badan terasa tidak nyaman, tetap jaga pikiran positif. Ini juga akan membantu memulihkan kesehatan secara keseluruhan.

Itulah ketujuh tips memulihkan kesehatan setelah terserang flu. Selain membatasi aktivitas di luar rumah dan menjalani pola hidup sehat, pastikan pikiran tenang karena bisa membantu tubuh fokus pada pemulihan.