Bagikan:

JAKARTA - Rasanya, tidak ada orang tua yang tidak menyayangi anaknya. Hal ini terbukti pada cinta dan kasih sayang mereka yang sudah kita terima, bahkan ketika kita baru menarik napas pertama di dunia ini. Tentunya, sebagai anak, Anda memiliki keinginan untuk membalas rasa cinta dan sayang yang diberikan orang tua pada Anda, kan? Setidaknya, itu yang tertanam pada sanubari anak.

Namun pada kenyataannya, masih banyak yang kesulitan menunjukkan rasa sayang pada orang tua. Paling umum, hanya bisa mengatakan bahwa Anda sayang pada orang tua pada ucapan di momen-momen tertentu maupun status di media sosial. Padahal untuk menunjukkan rasa sayang pada orang tua itu tidak tertutup pada ucapan sayang ataupun pada status media sosial.

Jika Anda masih bingung menyampaikan kasih sayang pada orang tua, coba baca artikel berikut ini. Siapa tahu, setelahnya Anda jadi bisa mudah menunjukkan cinta kasih pada orang yang telah membesarkan Anda.

Sering berkunjung

Jika Anda tidak tinggal serumah dengan orang tua, cara sederhana menunjukkan rasa kasih sayang yaitu dengan sering berkunjung ke rumah mereka. Atur jadwal dan sempatkan waktu sebisa mungkin untuk bertemu orang tua meski tinggal terpisah. 

Sering menelpon

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan kunjungan, Anda bisa menelpon sebagai gantinya.  Dengan teknologi canggih, Anda bahkan dapat melakukan obrolan harian dan panggilan video dengan mereka. Dengan demikian, orang tua Anda tidak terlalu merasa kehilangan Anda.

Membantu orang tua

Cara lain untuk menunjukkan kasih Anda kepada orang tua adalah dengan membantu mereka melakukan pekerjaan rumah tangga. Tip ini berlaku jika Anda masih tinggal bersama mereka. Membantu membersihkan rumah akan memberi orang tua waktu ekstra untuk beristirahat.

Masak makanan favorit

Anda juga dapat mengekspresikan cinta dengan memasak makanan lezat untuk orang tua. Jika Anda tahu kudapan favorit mereka dan coba membuatnya sendiri, pasti orang tua Anda akan sangat menghargai kejutan ini dan merasa senang.

Jaga nada bicara

Bahkan saat Anda stres dan mudah tersinggung karena masalah, jangan pernah meninggikan nada bicara kepada orang tua. Berbicara dengan nada tinggi pada orang tua sama halnya dengan Anda tidak menghormati mereka. Jadi, ingatlah untuk bersikap baik dan lembut kepada orang tua setiap kali Anda berbicara dengan mereka.

Berhenti menyimpan dendam masa kecil

Jika Anda memiliki masalah dengan orang tua Anda sejak kecil, pilihlah untuk memaafkan mereka. Ingatlah bahwa ibu dan ayah Anda semakin tua, dan Anda tidak akan memiliki mereka selamanya. Karena itu, jangan buang waktu lagi dan mulailah membuat kenangan indah bersama mereka.

Ajak liburan

Orang tua pasti telah mengabdikan hidup mereka untuk bekerja keras memenuhi kebutuhan Anda. Mereka mungkin tidak punya waktu dan anggaran untuk bersenang-senang ketika mereka masih muda. Sekarang, jika Anda mampu, ajaklah mereka berlibur. Tidak harus di luar negeri. Anda dapat membawa mereka ke destinasi wisata menarik dalam negeri atau tempat-tempat yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.