5 Cara Mengungkapkan Kasih Sayang pada Orang Tua di Hari Valentine
Ilustrasi (Barbara Olsen/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Valentine sangat identik dengan perayaan hari kasih sayang kepada pasangan. Tapi, di hari Valentine tahun ini, coba tunjukkan rasa cinta tidak hanya pada pasangan tapi juga pada orang tua.

Ungkapkanlah kasih sayang Anda pada orang tua karena telah membesarkan dan mendampingi Anda selama ini. Bentuknya pun tak harus berupa barang atau uang karena ada banyak cara sederhana lainnya untuk mengatakan cinta pada mereka. Berikut ini ide-ide yang bisa gunakan sebagai referensi.

Membersihkan rumah

Jika Anda masih tinggal bersama orang tua, salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan kasih sayang adalah dengan membantu mereka melakukan pekerjaan rumah tangga. Bayangkan saja, usai seharian bekerja, mereka masih harus membersihkan rumah, tentu melelahkan bukan?

Selain dapat meringankan beban orangtua, membantu membersihkan rumah akan membuat mereka punya waktu ekstra untuk beristirahat dan bersantai. Nah, untuk urusan bebersih ini, Anda bisa melakukan hal-hal sederhana seperti misalnya saja mencuci piring-piring kotor, menyapu rumah, menyiram halaman, atau memasak untuk orang tua. Pun membersihkan rumah dapat membuat Anda makin sehat karena aktivitas ini sama halnya dengan berolahraga.

Beri pujian dan ucapan terima kasih

Beberapa dari Anda mungkin akan merasa malu atau justru tak terbiasa untuk memberikan pujian kepada orangt ua. Nah, di momen Hari Kasih Sayang tahun ini, coba mulai selipkan kebiasaan baru untuk memberi pujian kepada mereka. Mulai saja dari hal-hal sederhana, seperti memuji masakan Ibu atau penampilan Ayah.

Selain pujian, ungkapkan bentuk kasih sayang Anda dengan mengucapkan terima kasih kepada orang tua. Anda bisa memberi tahu secara langsung kepada mereka atau gunakan kartu ucapan dan letakkan di tempat-tempat yang mudah mereka lihat. Hal-hal kecil yang mungkin sebelumnya dianggap sepele ini akan makin mempererat hubungan Anda dengan orang tua.

Ajak makan bersama

Menyiapkan makanan favorit orang tua bisa menjadi salah satu bentuk kasih sayang Anda kepada mereka juga. Mereka akan melihat usaha Anda untuk menyajikan makanan tersebut dan pasti akan menghargai sikap itu.

Kalau perlu libatkan juga mereka untuk ikut menyiapkan hidangan bersama-sama. Sembari memasak, Anda bisa sekaligus nostalgia bagaimana hiruk pikuknya suasana dapur sewaktu Anda kecil dulu.

Namun tips untuk Anda yang tak ingin repot, Anda bisa mengajak kedua orangtua makan di luar. Jangan lupa pilih tempat makan yang tak terlalu ramai dengan protokol kesehatan ketat. Pilihan selanjutnya bisa dengan memesan makanan via layanan daring dan menikmatinya di rumah bersama-sama, lebih simpel kan?

Sempatkan mengobrol

Kesibukan terkadang membuat kita lupa untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat seperti orangtua. Padahal dengan berkomunikasi Anda bisa memiliki hubungan yang lebih berkualitas dengan orangtua.

Tak harus berlama-lama, Anda bisa menyisihkan waktu sebentar usai menyelesaikan pekerjaan untuk mengobrol dengan mereka. Tapi kalau Anda tidak serumah, Anda bisa meluangkan waktu untuk menelpon atau video call dengan orangtua. Sekadar bertanya kabar atau cerita seputar pekerjaan pun sudah bisa jadi cara untuk menunjukkan cinta pada mereka.

Sering-sering berkunjung

Bila memungkinkan, luangkan waktu juga untuk mengunjungi orangtua. Anda bisa membuat jadwal kunjungan rutin misalnya saja setiap akhir pekan atau sesuaikan dengan kesibukan Anda. Biar tambah seru, Anda bisa membuat janji dengan kakak atau adik supaya bisa berkunjung bersama-sama ke rumah orangtua. Manfaatkan waktu berkunjung itu dengan sebaik mungkin untuk quality time dengan orangtua.