Ragam Tradisi Unik Perayaan Valentine di Seluruh Dunia, Ada Nikah Masal
Ilustrasi valentine (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang dirayakan setiap tanggal 14 Februari di seluruh dunia. Bentuk perayaan Valentine sangat beragam, mulai dari mengajak pasangan makan malam romantis, memberikan cokelat atau bunga untuk kekasih, dan masih banyak lainnya. Kendati demikian, setiap negara memiliki tradisi yang berbeda dalam hal perayaan hari kasih kayang. Penasaran seperti apa tradisi unik perayaan valentine di seluruh dunia? Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.  

Tradisi Unik Perayaan Valentine di Seluruh Dunia

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 18 Januari 2024, berikut tradisi unik perayaan valentine di seluruh dunia yang perlu Anda ketahui:

1. Korea Selatan: wanita memberikan hadiah kepada pria yang dicintai

Umumnya, pihak yang akan memberikan hadiah kepada kekasih pada saat Hari Valentine adalah laki-laki. Akan tetapi, kebiasaan ini tidak berlaku di Korea Selatan.

Di Negeri Gingseng, pihak wanitalah yang akan memberi hadiah ke kekasih pada saat perayaan Hari Kasih Sayang. Setelah itu, sebulan kemudian, para pria akan membalas hadiah untuk kekasihnya. Tradisi unik perayaan Valentine yang satu ini disebut sebagai White Day.

2. Jerman: memberikan hadiah dengan simbol babi

Berlanjut ke Benua Eropa, Jerman juga memiliki tradisi unik untuk merayakan Valentine yang diperingati setiap tanggal 14 Februari. Tradisi tersebut yakni memberikan hadiah dengan simbol babi untuk mengekspresikan kasih sayang.

Tradisi ini bisa dibilang sangat unik, sebab umumnya bentuk ekspresi kasih sayang di banyak negara disimbolkan dengan hati.

Di Jerman, simbol babi dipilih sebagai bentuk ekspresi kasih sayang karena dianggap memberikan keberuntungan dan gairah. Hadiah yang diberikan untuk pasangan bisa berupa cokelat dengan bentuk babi atau pajangan babi.

3. Wales: menghias sendok cinta

Wales merupakan negara konstituen dari negara Britania Raya. Di negara ini, Anda tidak akan menjumpai penduduk setempat merayakan Hari Valentine pada 14 Februari. Pasalnya, Hari Kasih Sayang di Wales dirayakan pada tanggal 25 Januari yang disebut hari Pelindung Pecinta Wales.

Tradisi perayaan valentine di Wales juga sangat unik. Pada hari itu, pasangan kekasih akan saling bertukar sendok kayu yang unik dan dibuat dengan tangan indah. Tradisi ini sudah dipraktikkan sejak abad ke-16.

4. Denmark: betukar tetesan salju

Di Denmark, Hari Valentine dijadikan sebagai hari libur. Pada momen ini, warga Denmark akan bertukar tetesan salju dengan kekasih atau orang yang disayangi. Tetesan salju tersebut disebut dengan bunga putih.

Tak hanya itu, para pria di Denmark juga akan memberikan surat berisi lelucon yang disebut Gaekkebrev. Surat ini berisi puisi atau sajak lucu yang ditulis di atas kertas dan hanya ditandatangani dengan titik-titik anonim.  

Pihak wanita yang menerima surat tersebut harus menebak siapa pengirimnya. Bila berhasil, mereka akan mendapatkan telur Paskah di akhir tahun.

5. Filipina: nikah masal

Kembali ke Benua Asia, Negara Filipina juga memiliki tradisi perayaan Valentine yang unik. Pada 14 Februari, banyak pasangan kekasih di negara ini yang akan melaksanakan pernikahan.

Jumlah pasangan yang menikah pada saat Hari Valentine bahkan mencapai ribuan. Pasangan-pasangan di Filipina akan terlihat menikah secara massal di sebuah tempat dan meperbarui sumpah mereka bersama-sama.

Yang membuat perayaan ini menjadi sangat meriah adalah adanya sponsor dari pemerintah sebagai program pelayanan publik.

Demikian informasi tentang tradisi unik perayaan Valentine di seluruh dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.