Bagikan:

YOGYAKARTA - Tinggi badan bagi usia remaja dan anak-anak amatlah penting, jadi wajar kalau selalu diperiksa secara berkala. Namun adakah cara mengukur tinggi badan tanpa alat? Yuk kita bahas di bawah ini!

Terdapat beberapa metode yang dapat kalian jalani buat mengukur tinggi badan tanpa membutuhkan perlengkapan pengukur tinggi badan ataupun stadiometer.

Ilustrasi alat pengukur tinggi badan yang tak semua orang punya (Gambar National Library of Medicine-Unsplash)
Ilustrasi alat pengukur tinggi badan yang tak semua orang punya (Gambar National Library of Medicine-Unsplash)

Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Alat

Sesungguhnya mengukur tinggi badan tanpa menggunakan alat sama sekali memanglah tidak ada. Namun ada beberapa alat sederhana yang ada di sekitaran kita yang bisa dipakai sebagai alternatif untuk mengukur. Berikut beberapa alat sederhana yang bisa dijadikan alternatif pengukur tinggi badan:

I. Mengukur Tinggi Badan dengan Penggaris

Cara mengukur tinggi badan yang pertama dapat memakai penggaris. Ada beberapa tipe penggaris yang mempunyai pancang 15cm, 30cm serta 60cm. Pakai penggaris yang ada di rumah saja.

Kemudian tempelkan badan ke tembok serta lepas alas kaki. Setelah itu tempelkan penggaris secara vertikal, dari ujung kaki. Sehabis itu tandai ujung penggaris dengan pensil, serta lanjutkan hingga ke atas kepala.

Upayakan buat menggerakkan penggaris dari ujung ke ujung. Sehingga tidak melewati batas garis yang dijadikan selaku indikator. Ukurlah hingga batas tinggi badanmu.

II. Mengukur Tinggi Badan dengan Pita Ukur ataupun Meteran

Bila tidak mempunyai perlengkapan stadiometer, kalian dapat memakai pita ukur yang umumnya digunakan buat menjahit, ataupun memakai meteran bangunan. Triknya nyaris sama dengan penggaris. Pastikan buat melepas alas kaki terlebih dahulu.

Setelah itu tempel badan ke bidang yang datar, semacam tembok. Kalian dapat meminta tolong teman ataupun keluarga buat memegangi meteran. Tempelkan ujung meteran di bawah jempol kaki, kemudian ukur tinggi tubuhmu.

III. Mengukur Tinggi Badan dengan Aplikasi Digital

Di era yang sudah modern ini, metode mengukur tinggi badan dapat dicoba secara digital. Ada sebagian aplikasi di smartphone, yang dapat digunakan buat mengukur tinggi tubuh. Aplikasi yang dapat digunakan yaitu Smart Measure, Ruler App, Body Measure Tracker, Easy Measure, Prime Ruler serta Measure Magix.

Cara memakainya cukup gampang, yaitu dengan mengunduh aplikasi di smartphone. Sehabis aplikasi terunduh, install aplikasi serta mulai gunakan. Dalam aplikasi tersebut, ada buku panduan yang dapat dibaca serta ikuti buat mengukur tinggi tubuh. Aplikasi tersebut bisa mengukur lewat jarak HP dari objek yang bakal diukur.

IV. Mengukur Tinggi Badan dengan Uang Kertas

  1. Siapkan duit kertas

Kalian dapat mempersiapkan duit kertas dengan nominal berapa saja. Umumnya duit kertas rupiah mempunyai panjang sekitar 14,7 serta lebar 6,5 centimeter.

  1. Buat tanda di atas ubun-ubun

Saat sebelum mulai mengukur, kalian dapat menandai tinggi badan kalian di atas ubun-ubun dengan pensil.

  1. Tekan uang kertas menyatu dengan tembok

Kalian dapat menekan duit kertas tersebut menyatu dengan tembok serta ujung bawah duit menyatu dengan lantai.

  1. Tandai ujung atas duit dengan pensil

Tandai tepi atas duit kertas di tembok dengan pensil.

  1. Ulangi hingga menggapai tanda yang terletak di atas ubun-ubun

Lanjutkannya hingga menggapai tanda yang kalian buat di atas ubun-ubun.

Kalian masi merasa pendek? Sepertinya ada kabar gembira buat kalian, karena kita bisa mempelajari “7 Bentuk Latihan untuk Menambah Tinggi Badan Secara Efektif”, berani coba?

Jadi setelah mengetahui cara mengukur tinggi badan tanpa alat, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!