Bagikan:

YOGYAKARTA – Mengetahui ukuran cincin wanita bisa dicari berdasarkan berat badan (BB). Pasalnya bobot berat badan akan berdampak pada ketebalan jari karena adanya lemak sehingga mencari ukuran perhiasan akan lebih mudah.

Meski ukuran bisa dilihat dari berat badan namun ukuran cincin bersifat prediktif. Artinya ukuran bisa benar-benar pas, namun ada kemungkinan terlalu besar atau terlalu kecil. Namun dengan mengetahui ukuran cincin wanita dari berat badan setidaknya bisa memberi gambaran awal.

Ukuran Cincin Wanita Sesuai Berat Badan

Berat badan jadi informasi sensitif untuk para wanita. Usahakan untuk tidak menanyakan secara gamblang agar tak menyinggung perasaannya. Jika sudah mengantongi berat badan, Anda bisa memberikan cincin untuk pasangan. Berikut ini ukuran cincin wanita dari BB.

  1. Bobot Kurang dari 50 Kg

Wanita dengan bobot kurang dari 50 kg biasanya punya ukuran jari yang kecil. Untuk tipe ini ukuran cincin yang direkomendasikan adalah sekitar 4-6 berdiameter dari 14,8 hingga 16,5 cm.

  1. Bobot 50-60 Kg

Wanita dengan berat badan mulai 50 sampai 60 Kg biasanya punya jari yang ramping. Ukuran cincin yang mungkin pas masih sama, yakni 4-6 Kg. Namun perlu diperhatikan postur tubuhnya, apakah tinggi kurus atau pendek sedikit gemuk. Sesuaikan dengan tingkat kegemukan dan postur tubuh.

  1. Bobot 60-70 Kg

Wanita dengan bobot mulai dari 70 sampai 80 kg punya jari yang sedikit berisi. Ukuran cincin yang direkomendasikan adalah 6-7 berdiameter 16,5-17,4 mm.

  1. Bobot 70-80 Kg

Ukuran jari wanita berbobot 70-80 kg punya jari yang lebih berisi dan sedikit lebih besar. Ukuran cincin yang direkomendasikan adalah 7-9 berdiameter 17,4-18,9 mm.

  1. Bobot Lebih dari 80 Kg

Wanita dengan bobot lebih dari 80 kg punya ukuran jari yang gemuk sehingga butuh cincin ukuran 9-11 ber berdiameter 18,9-20,7 mm.

Cara Ukur Cincin dengan Alat Sederhana

Mengukur cincin bisa wanita bisa dilakukan dengan alat sederhana yang bisa ditemukan di sekitar rumah. Berikut ini cara ukur cincin wanita paling mudah.

  1. Pakai Pita Ukur

Pita ukur biasanya digunakan untuk mengukur baju. Biasanya pita ukur dimiliki oleh tukang jahit atau orang-orang yang punya hobi menjahit. Cara ukur jari untuk cincin dengan pita ukur adalah cukup dengan melingkarkan pita ukur di jari lalu cek angka yang tertera.

  1. Pakai Tali Tipis

Gunakan tali tipis untuk mengukur jari. Hindari menggunakan tali yang terlalu tebal agar lebih akurat. Caranya tak berbeda jauh dengan mengukur jari pakai pita ukur, yakni dengan melingkarkan jari yang akan dipasang cincin. Setelah itu bentangkan tali lalu ukur dengan penggaris lurus. Catat berapa centimeter panjang tali tersebut.

  1. Pakai Kertas

Gunting kertas dengan ukuran menyerupai pita dengan panjang 15 cm saja. Setelah itu lingkarkan kertas ke jari, lalu ukur batas menggunakan penggaris. Jangan lupa untuk menandai garis batas menggunakan pena agar tidak bergeser.

 Itulah informasi terkait ukuran cincin wanita sesuai berat badan. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.