Cara Mengetahui Berat Badan Turun Tanpa Melihat Timbangan
Ilustrasi (Ketut Subiyanto/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Biasanya, tujuan utama orang melakukan diet yaitu untuk menurunkan angka timbangan. Karena tujuan ini, akhirnya Anda mau tak mau jadi rajin naik turun timbangan untuk melihat apakah angka yang tertera sudah sesuai dengan yang diinginkan. 

Sayangnya, tanpa disadari hal ini dapat membawa tekanan tersendiri. Jika angka timbangan belum mencapai target, Anda mudah stres dan diet pun jadi satu beban, bukan hal yang membahagiakan. Lantas, bagaimana cara mengetahui penurunan berat badan tanpa harus melihat timbangan? Melansir Healthline, Kamis, 25 Februari, begini caranya.

Ukuran tubuh berubah

Salah satu cara mengetahui berat badan turun yaitu dengan berubahnya ukuran tubuh. Bagian tubuh yang biasanya paling terasa mengecil saat bobot berkurang yaitu pinggang. Ini karena pinggang terbiasanya menyimpan lemak yang tidak dibutuhkan badan, sehingga jika pinggang mengecil itu artinya Anda berhasil menghilangkan beberapa kilo bobot tubuh.

Ukuran pakaian berbeda

Cara mengukur penurunan berat badan juga dapat dilakukan dengan mencoba kembali beberapa baju lama di lemari. Jika baju tersebut sebelumnya sesak dan kini terlihat pas di badan, itu tandanya program diet Anda berhasil.

Berkurang rasa nyeri di badan

Kelebihan berat badan memang kerap membuat beberapa anggota tubuh menjadi nyeri. Nah, saat berat badan mulai berkurang, nyeri yang sering dirasakan di bagian kaki bawah dan punggung bawah pun lama-kelamaan mulai menghilang. 

Menurunnya tekanan darah

Mempunyai berat badan berlebih membuat Anda masuk dalam kategori orang dengan risiko besar terkena penyakit stroke dan serangan jantung. Kelebihan berat badan juga mengakibatkan tekanan darah cenderung tinggi sebab jantung bekerja ekstra untuk memompa darah. Nah, sebagai penanda turunnya berat badan juga bisa Anda lihat dari menurunnya tekanan darah.

Terkait