Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang senang datang ke tempat gym karena terdapat banyak pilihan alat olahraga. Namun, seringkali wanita yang baru mulai nge-gym masih bingung ingin menggunakan peralatan yang mana. Selain karena belum tahu cara pemakaiannya, biasanya juga karena belum berani mencoba alat yang berat-berat. 

Pengguna gym pemula memang disarankan untuk mencoba alat olahraga secara bertahap. Untuk pertama kali, sebaiknya jangan langsung menggunakan alat yang berat. Mulainya dengan jenis peralatan yang ringan-ringan atau tidak membutuhkan gerakan yang sulit. 

Jika langsung menggunakan alat yang berat tanpa terbiasa dan tahu tekniknya, dikhawatirkan bisa mengalami cedera. Bagi Anda yang baru memulai rutinitas olahraga, ada beberapa alat gym untuk pemula wanita yang bisa dipilih. 

Rekomendasi Alat Gym untuk Pemula Wanita

Para wanita yang baru mulai nge-gym biasanya masih kurang percaya diri untuk mencoba peralatan yang tersedia. Beberapa wanita mungkin juga belum terbiasa untuk menggunakan alat-alat berat, seperti barbel, leg press, bench press, dan lainnya. 

Pemula memang diingatkan untuk tidak terlalu memaksakan diri atau buru-buru menggunakan peralatan yang tergolong berat. Di antara banyaknya peralatan di tempat gym, ada beberapa alat yang ramah bagi para pemula.

Berikut ini rekomendasi beberapa alat gym yang cocok untuk pemula wanita supaya aman dan tidak mengalami cedera.

Hack Squat

Salah satu peralatan gym yang cocok bagi pemula wanita adalah hack squat. Peralatan ini berbentuk seperti sandaran dalam posisi sedikit miring dan terdapat penopang untuk bagian bahu. 

Untuk menggunakan alat ini, Anda hanya perlu menyandarkan punggung dan menempelkan pundak di bantalan pengangkat beban, serta posisi kaki dibuka selebar bahu dan ditekuk. Sebelum memulai menggunakannya, atur beban di setiap sisi sesuai kemampuan atau keinginan Anda. 

Gerakan dalam menggunakan alat ini adalah dengan bersandar sambil berjongkok, kemudian angkat beban ke atas dengan topangan di pundak dan tangan. Alat ini membantu Anda melatih otot tubuh bagian bawah, mulai dari betis, paha belakang, paha depan, dan bokong. 

Treadmill

Treadmill menjadi peralatan favorit banyak wanita ketika di tempat gym. Selain tidak membutuhkan angkat beban, penggunaan alat ini juga sangat mudah. Anda tinggal berdiri di atas treadmill, mengatur kecepatan, dan berlari mengikuti laju pijakan Anda. 

Alat ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin melakukan olahraga kardio untuk melatih organ pernapasan. Treadmill banyak digunakan untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Selain itu, berlari di atas treadmill juga membantu meningkatkan kekuatan otot kaki, pinggul, dan bokong. 

Sepeda Statis

Peralatan gym lainnya yang mudah digunakan bagi pemula adalah sepeda statis. Peralatan ini berbentuk seperti sepeda dengan kayuhan, namun gerakannya hanya diam di tempat. Alat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan olahraga kardio dan membakar kalori tubuh. 

Saat menggunakan sepeda statis, Anda bisa mengatur sendiri kecepatan atau ritme kayuhan. Sesuaikan kecepatannya dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Olahraga dengan alat ini tidak hanya bermanfaat membakar lemak, tapi juga mengaktifkan otot kaki, paha, dan bokong.

Leg Extension Machine

Leg extension machine merupakan alat yang didesain untuk latihan kekuatan otot kaki. Alat gym ini cocok bagi pemula yang ingin memperkuat dan mengencangkan paha depan. Selain, gerakan saat memakai alat ini juga dapat meningkatkan kekuatan ligamen di sekitar sendi. 

Cara penggunaan alat ini sangatlah mudah, yakni Anda tinggal duduk dan menempatkan kaki di bantalan. Sandarkan punggung Anda, kemudian gerakan kaki ke atas untuk mengangkat beban. Jangan lupa mengatur beban sesuai kemampuan dan keinginan Anda. 

Lat Pulldown Machine

Peralatan gym lainnya yang perlu dicoba oleh pemula adalah lat pulldown machine. Alat ini digunakan untuk melatih otot punggung, dada, dan bagian bawah ketiak atau yang biasa disebut sayap. 

Cara penggunaan alat lat pulldown cukup sederhana dan tidak memberatkan pemula. Anda tinggal duduk sembari meraih besi atau pegangan. Sebelum itu atur dulu seberapa berat beban yang ingin diangkat. Kemudian Anda tinggal menggerakan pegangan tangan ke bawah untuk menarik beban. Lakukan berulang dengan gerakan perlahan. 

Dual Cable Cross

Pemula juga bisa mencoba dual cable cross yang cara pemakaiannya juga sederhana. Peralatan ini digunakan untuk kekuatan tangan, bahu, dan kaki-kaki dalam menjaga keseimbangan. 

Anda hanya perlu berdiri di antara dual cable cross dengan posisi kaki dibuka selebar bahu dan badan sedikit condong ke depan. Raih pegangan di masih-masih kabel, kemudian tarik ke dalam dada secara bersamaan. Saat melakukan tarikan, tetap tahan posisi kaki agar tidak bergeser atau goyah. 

Demikianlah beberapa alat gym untuk pemula wanita yang bisa Anda coba. Ketika baru pertama olahraga di tempat gym, sebaiknya memang gunakan alat-alat yang ringan atau mudah terlebih dahulu. Jika melakukan gerakan atau teknik secara benar, Anda bisa meminta bimbingan dari instruktur gym. Baca juga etika fitness di tempat gym yang perlu diterapkan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.