7 Etika Fitness di Tempat Gym yang Wajib Dipatuhi Pemula
Etika fitness di tempat gym (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang memilih berolahraga di tempat gym karena tersedia alat olahraga yang lengkap. Selain itu, suasana di gym juga membuat orang-orang lebih bersemangat olahraga. Meski terbuka untuk umum, Anda perlu tahu etika fitness di tempat gym agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna lainnya. 

Gym memang menjadi tempat yang nyaman untuk berolahraga karena bisa mencoba beragam alat dan ruangannya luas. Namun, seringkali ada pengguna gym yang bertindak seenaknya dan melakukan kesalahan yang membuat pengguna lainnya jadi terganggu. Oleh karena itu, pengguna pemula wajib tahu aturan fitness di tempat gym

Etika Fitness di Tempat Gym

Tempat gym biasanya memberlakukan aturan mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh penggunanya. Namun, di samping itu, terdapat juga aturan tidak tertulis yang seharusnya dipahami setiap pengguna gym demi keamanan dan kenyamanan sesama pengguna. 

Berikut ini beberapa etika fitness di tempat gym saat berolahraga dan menggunakan fasilitasnya:

Mengembalikan Barang pada Tempatnya setelah Memakai

Gym merupakan tempat umum yang mana siapa saja bisa memakai alat olahraga. Jadi pastikan untuk selalu mengembalikan alat ke tempat semula setelah memakainya. Hindari meletakkan barang atau peralatan secara sembarangan usai menggunakannya. 

Terkadang pengguna tidak sadar memakai alat-alat olahraga yang ringan seperti barbel, dengan membawanya ke mana-mana tanpa mengembalikan ke tempat semula. Meski di tempat gym sudah ada staf yang membereskan atau mengatur kondisi ruangan, Anda tidak boleh meninggalkan gym dengan berantakan.

Jangan Menguasai Alat Gym

Olahraga dengan penuh semangat memang baik, tapi jangan sampai Anda menguasai peralatan sendirian. Seringkali pengguna gym berfokus pada satu alat untuk menguatkan otot atau membentuk tubuh hingga menggunakannya secara terus-terusan. Padahal, mungkin saja ada orang lain yang ingin memakainya juga dan sudah menunggu Anda. 

Jadi hindari menggunakan alat gym secara kemaruk atau egois tanpa mau bergantian. Apalagi jika peralatan olahraga di tempat gym tersebut cukup terbatas. Anda perlu tahu diri untuk memakai alat gym secara bergantian dengan pengguna lain. 

Bersihkan Peralatan setelah Memakai

Saat berolahraga menggunakan alat gym pastinya tubuh akan mengeluarkan keringat. Cairan keringat ini bisa saja menempel atau tertinggal di peralatan olahraga yang Anda gunakan. Sebelum berganti alat, pastikan Anda sudah membersihkan peralatan tersebut agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna setelahnya. 

Memakai Deodoran untuk Pewangi Tubuh

Ketika menjalani olahraga, badan akan mengeluarkan keringat yang menimbulkan bau menyengat. Lantaran di tempat gym Anda akan bertemu banyak orang, pastikan badan Anda tidak mengeluarkan aroma tidak sedap yang mengganggu penciuman. Jadi saat pergi ke gym, sebaiknya Anda memakai parfum atau deodoran. 

Menjaga Ketenangan atau Tidak Berisik

Etika lainnya yang perlu Anda ingat saat berada di tempat gym adalah tidak boleh berisik atau menimbulkan kegaduhan. Beberapa pengguna gym berolahraga bersama temannya dan mengobrol di waktu istirahat. 

Hindari bercakap-cakap dengan suara kencang atau tertawa keras. Anda harus menjaga ketenangan selama berada di tempat gym supaya tidak mengganggu kenyamanan pengguna lainnya. 

Menunggu Giliran Memakai Alat

Seringkali ketika di tempat gym Anda harus menunggu giliran untuk memakai alat. Anda harus antre secara sabar dan sopan saat menunggu orang lain menyelesaikan penggunaan alat yang ingin Anda pakai. Jangan menyerobot atau membuat pengguna lainnya jadi terburu-buru saat sedang fokus berolahraga. 

Hormati Ruang Pribadi

Sebagai pengguna gym, Anda juga perlu menghormati ruang pribadi pengguna lainnya. Meski tidak ada ruang pribadi secara khusus untuk masing-masing pengguna gym, Anda perlu menghargai space atau tempat pengguna lainnya berada. Misalnya dengan tidak berdiri terlalu dekat dengan pengguna lain, tidak mengajak berbicara secara asal-asalan, dan tindakan tidak sopan lainnya. 

Demikianlah beberapa etika fitness di tempat gym yang harus dipahami agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna lainnya. Meski aturan-aturan di atas tidak diberlakukan secara tertulis, sudah jadi pedoman umum yang harus dipatuhi saat berolahraga di tempat gym

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.