Bagikan:

YOGYAKARTA - Lingkar lengan atas atau LiLA ibu hamil dapat dijadikan petunjuk apakah kebutuhan nutrisi bumil terpenuhi. Ketika seorang wanita sedang mengandung, ukuran lengan atasnya bisa mudah mengalami perubahan. Lantas berapa LiLA normal ibu hamil dan bagaimana cara mengukurnya?

Pada saat masa kehamilan berat badan wanita tidak hanya akan melonjak, tetapi ada juga yang menurun. Beberapa ibu hamil justru mengalami malnutrisi karena kebutuhan nutrisi meningkat, sehingga menyebabkan defisiensi mikronutrien dan makronutrien.

Salah satu cara untuk mengetahui terpenuhi atau tidaknya kebutuhan nutrisi ibu hamil adalah dengan mengukur LiLA. Dengan mengamati LiLA, kondisi perkembangan jaringan otot dan lemak yang tidak terpengaruh cairan tubuh maka dapat diketahui. Itulah mengapa penting menjaga LiLA normal ibu hamil.

Pentingnya Mengukur LiLA Ibu Hamil

Seperti yang kita ketahui bersama, kondisi kesehatan dan gizi pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan sangat krusial. Kekurangan gizi pada periode ini tidak hanya meningkatkan risiko morbiditas dan mortalitas ibu dan anak, namun juga berdampak signifikan terhadap kualitas hidup individu di masa depan. 

Berdasarkan kajian terkini, bayi dengan berat lahir rendah seringkali merupakan konsekuensi dari kekurangan energi kronis yang dialami ibu hamil. Penggunaan alat skrining LILA sangat dianjurkan untuk mendeteksi dini status gizi ibu hamil. Selain karena kepraktisannya, alat ini punya kemampuannya memprediksi berbagai kondisi pasca kehamilan.

Berapa LiLA Normal Ibu Hamil?

Menurut Kementerian Kesehatan, ukuran LiLA yang normal pada ibu hamil yaitu ≥23,5 cm. Jika lingkar lengan atas bumi lebih dari 23,5 cm maka artinya wanita tersebut tidak berisiko mengalami masalah gizi. Bumi dianjurkan untuk tetap menjaga kondisi badannya tersebut.

Seorang ibu hamil disebut mengalami masalah gizi Kurang Energi Kronis (KEK) apabila ukuran LiLA lebih kecil dari 23,5 cm. Ambang batas ukuran LILA pada wanita usia subur (WUS) dengan risiko KEK  yaitu 23,5 cm, yang diukur memakai pita ukur (metlin). Jika ukurannya kurang dari 23,5 cm berarti wanita tersebut memiliki risiko mengalami masalah gizi.

Cara Menghitung LiLA Ibu Hamil

Pengukuran lingkar lengan atas untuk mengetahui tingkat LiLA bisa dilakukan sendiri. Jadi sebenarnya ibu hamil tidak perlu repot-repot ke dokter untuk mengukur LiLA. Namun apabila bumil memerlukan konsultasi lebih lanjut maka disarankan untuk datang ke klinik atau mengunjungi dokter. 

Untuk mengukur LiLA, bila memungkinkan gunakan pita khusus. Kemudian minta bantuan orang lain untuk mengukur lingkar lengan atas Anda supaya bisa mendapat hasil lebih akurat. 

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengukur LiLA pada ibu hamil:

  1. Tentukan lengan sebelah mana yang ingin diukur untuk mengetahui LiLA. Jika tangan sisi kanan Anda yang sering aktif, sebaiknya pengukuran LiLA dilakukan pada lengan sebelah kiri. Begitu pula sebaliknya.
  2. Tekuk lengan Anda hingga membentuk siku-siku.
  3. Lalu ukur panjang lengan atas, mulai dari tulang bahu sampai siku.
  4. Tandai titik tengah dari panjang lengan atas
  5. Kemudian lilitkan pita meteran di titik tengah yang sudah ditentukan, tetapi usahakan tidak terlalu ketat maupun tidak terlalu longgar.
  6. Baca angka yang tertera pada meteran sebagaimana hasil ukuran LiLA Anda..
  7. Lihat apakah ukuran LiLA Anda termasuk dalam kategori normal atau tidak.

Demikianlah ukuran LiLA normal ibu hamil yang perlu diketahui oleh wanita yang sedang mengandung. Setiap bumil diharuskan menjaga asupan nutrisinya agar kondisi tubuhnya tetap sehat terjaga dan tidak mengalami masalah gizi. Baca juga kiat mengurangi stres selama kehamilan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.